• Bahasa

Pertambangan 2021

20 Jan 2022 Admin 1673

Pertambangan  

Walaupun memberikan share yang relatif kecil terhadap perekonomian, namun sektor pertambangan dan penggalian di Kabupaten Garut memiliki potensi yang sangat besar untuk di kembangkan. Beberapa kecamatan, terutama di wilayah selatan, merupakan daerah prosfektif penghasil bahan-bahan tambang, namun sampai saat ini belum dikembangkan secara maksimal. Eksplorasi bahan tambang dan galian di Kabupaten Garut saat ini masih sebatas pada bahan galian golongan C yang berupa batu, pasir, tanah liat dan batu templek. Bahan tambang yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Garut dan diperkirakan memiliki cadangan yang masih cukup besar antara lain, perlit & obsidian, batu setengah permata, kaolin dan batu templek.

Sebagai sumber penerangan dan energi lain baik di sektor rumahtangga maupun industri, listrik memegang peranan yang sangat vital. Seiring dengan perkembangan jumlah rumahtangga dan perekonomian, sektor listrik di Kabupaten Garut secara umum menunjukkan perkembangan cukup positif, yang ditunjukkan oleh perkembangan indikator jumlah listrik yang didistribusikan. Sampai tahun 2010, seluruh desa di Kabupaten Garut telah teraliri listrik.

Jumlah pelanggan listrik di Kabupaten Garut dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan tingkat kebutuhan akan energi. Pada tahun 2019 tercatat sebesar 4,93 persen pelanggan naik dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan daya terpasang, pada periode delapan tahun mengalami kenaikan hampir dua kali lipat, atau dari 315.987 ribu MVA menjadi 583.240 ribu MVA.



Sumber : Statistik Daerah Kabupaten Garut 2021 

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT