• Bahasa

Cara Camat Pasirwangi Atasi ODF Melalui Program Wirausahawan Sanitasi

24 Dec 2021 Hanapi 534

GARUT, Pasirwangi – Dalam rangka mengatasi permasalahan Open Defecation Free (ODF) di wilayahnya, Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat memiliki inovasi menarik melalui program Wirausahawan Sanitasi.

Saepul menerangkan, Wirausaha Sanitasi ini merupakan sebuah program kerjasama secara pentahelix antara pemerintah setempat bersama perusahaan Star Energy, perguruan tinggi yaitu Insitut Teknologi Garut, juga media massa dan kelompok masyarakat.

Bentuk dari kegiatan program Wirausaha Sanitasi sendiri, imbuh Saepul, nantinya masyarakat diberikan pelatihan oleh Insitut Teknologi Garut terkait bagaimana cara membuat septic tank sesuai standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kemudian, masyarakat akan dibina berwirausaha dengan dana anggaran yang bersumber dari CSR (Corporate Social Responsibility) Perusahaan Star Energy.



“Jadi mereka akan berusaha untuk menjadi wirausahawan sanitasi yang nanti produk-produknya yaitu septic tank, (dan) kloset untuk produk hasil akhirnya, nah itu akan dijual kepada masyarakat yang harganya yang relatif murah tapi sesuai dengan standar Kemenkes,” kata Saepul, di Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Kamis (23/12/2021).

Ia menuturkan, saat ini program Wirausahawan Sanitasi sendiri sudah berjalan selama dua bulan di Desa Sarimukti. Untuk desa lainnya yang berada di Kecamatan Pasirwangi, Saepul mengatakan bahwa pihaknya telah memesan barang yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program tersebut.

“Jadi di (Kecamatan) Pasirwangi itu ada 12 desa, (untuk) 11 desa yang lain sudah pesan barangnya tetapi barangnya belum ada, tetapi pelatihannya sudah dilaksanakan untuk 12 desa, tetapi untuk pelaksanaan pembangunannya baru bisa dilaksanakan di Desa Sarimukti saja,” lanjutnya.



Ia berharap, melalui program ini permasalahan ODF yang ada di Kecamatan Pasirwangi bisa teratasi, selain itu nilai pemberdayaan ekonomi di masyarakat bisa bergulir.

“Karena memang ini jadi (ada) dua tujuan, pertama ODFnya selesai, ini yang keduanya adalah ada nilai ekonomis yang bisa didapatkan oleh masyarakat,” tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT