• Bahasa

Diskannak Garut Lakukan Kunjungan Ke PT. Raffles Pasific Harvest

9 May 2024 Hanapi 213

GARUT, Tarogong Kaler - Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskannak) Kabupaten Garut, melakukan kunjungan ke PT. Raffles Pasific Harvest, yang berlokasi di Desa Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (8/5/2024). Kunjungan tersebut, dalam rangka memantau fungsi pelayanan kesehatan hewan dan pemanfaatan kotoran ternaknya untuk bisa memberikan nilai manfaat bagi masyarakat petani di Kabupaten Garut.
 
Kepala Diskannak Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, mengatakan, PT. Raffles merupakan salah satu perusahaan yang memproses atau memproduksi susu segar untuk dipasok ke beberapa industri pengolahan susu yang ada di Indonesia, seperti PT. Indolakto, PT. Ultra Jaya Milk Industry and Tradi Company, Tbk, hingga PT. Heinz ABC Indonesia.

Beni menuturkan, berdasarkan hasil kunjungannya, banyak inovasi yang sudah diterapkan oleh PT Raffles ini, salah satunya terkait dengan pengolahan pakan, di mana di perusahaan tersebut pengolahannya sudah dilakukan secara mandiri, dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di Kabupaten Garut. Sehingga, ini berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal di Kabupaten Garut, terutama para petani jagung.



"Jadi untuk pembuatan silase, mereka juga merekrut produksi hijauan atau tebon jagung yang ada di Kabupaten Garut maupun pipil keringnya, ini diolah secara mandiri oleh PT. Raffles untuk dijadikan pakan utama bagi peternakan susu sapi perah yang ada di mereka begitu ya," ujar Beni dalam keterangannya, Kamis (9/5/2024).

Tak hanya itu, imbuh Beni, kemitraan yang dilakukan oleh PT. Raffles dengan masyarakat Kabupaten Garut juga dilakukan dalam bentuk pemberdayaan para petani lokal, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan pupuk organik bagi para petani jagung, yang memang menjadi mitra dari PT. Raffles.

"Di mana kotoran yang dihasilkan dari peternakan susu sapi perah ini, diolah sedemikian rupa sehingga ini bisa dimanfaatkan oleh para petani di Kabupaten Garut, dalam rangka pemenuhan jagung yang tadi saya sampaikan di proses kemitraan begitu ya," ucapnya.



Pemanfaatan kotoran ternak yang diolah oleh PT. Raffles menjadi pupuk organik padat dan cair ini, kata Beni, juga dilakukan dalam rangka penanganan dampak lingkungan yang disebabkan PT. Raffles, sehingga limbah yang ada bisa dioptimalkan sebaik mungkin.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan pihaknya pun bermitra baik dengan PT. Raffles, salah satunya melalui monitoring pelayanan kesehatan hewan.

"Jadi tentu ini ada kaitannya, kita sudah men-support dari sisi edukasi termasuk memberikan beberapa vaksin untuk mencegah beberapa penyakit yang ada di susu sapi perah ini, sehingga nanti ini tidak berdampak terhadap penyebarluasan ternak yang ada di Kabupaten Garut begitu ya," ucap Beni.



Pihaknya memberikan pelayanan kesehatan hewan, termasuk pendampingan untuk tenaga-tenaga medis yang ada di perusahan tersebut, sehingga standar pelayanan terhadap hewan ini bisa dilaksanakan.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT