• Bahasa

DKP Garut Gandeng Siswa Tata Boga SMKN 3 Garut Ciptakan Olahan Pangan Berbasis Lokal

27 Oct 2021 Hanapi 871

GARUT, Tarogong Kidul – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Garut bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Garut menyelenggarakan Festival Lomba Cipta Menu Pangan Lokal yang diselenggarakan di SMKN 3 Garut, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (27/10/2021).

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan DKP Garut, Yani Yuliani menuturkan dalam kegiatan ini pihaknya mengajak para siswa-siswi SMKN 3 Garut untuk berinovasi menciptakan pangan olahan berbasis pangan lokal non beras dan non terigu.

“Kita bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan 3 Garut Jurusan Tata boga (dimana) siswanya dilibatkan untuk mencoba berinovasi dalam pengolahan pangan tetapi tentunya non beras non terigu. Kabupaten Garut ini kan terkenal dengan potensi-potensi pangan lokal yang cukup bagus,” tutur Yani.



Yani mengungkapkan, antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangatlah tinggi. Namun dikarenakan tempat yang terbatas, kegiatan ini hanya mampu diikuti oleh 60 siswa yang dibagi menjadi 20 tim dengan 1 tim terdiri dari 3 orang.

“Antusiasme sangat luar biasa, ini kalau lihat dari yang daftar sebetulnya sudah lebih dari 25 tim, cuman memang kita itu juga terbatas tempat (hanya) mampu untuk menampung 20 tim saja. Kita tadinya ada tahap dua gelombang, jadi kalau misalkan ada 20, 20 kita ada dua gelombang. Jadi sekitar 120 (peserta), tapi karena tempatnya tidak memungkinkan jadi kita hanya mampu menampung untuk 20 tim saja,” lanjutnya.



Ia menuturkan, ada beberapa kriteria dalam perlombaan ini seperti pangan yang disiapkan harus non beras dan non terigu, harus berprinsip Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), serta memenuhi fungsi keseimbangan unsur pangan beserta tingkat keamanannya. Di sisi lain, ia berharap kegiatan ini dapat menyejahterakan para petani pangan lokal di Kabupaten Garut.

“Harapannya mudah-mudahan dengan kita melakukan sosialisasi penganekaragaman melalui lomba, melalui kegiatan-kegiatan seperti ini kita berharap Kabupaten Garut semakin mampu mengakses pangan-pangan lokal yang dihasilkan oleh kelompok-kelompok tani di Kabupaten Garut. Soalnya secara tidak langsung juga mampu meningkatkan pendapatan para petani produk pangan lokal,” ujar Yani.



Sementara itu, Kepala Jurusan (Kajur) Tata Boga SMKN 3 Garut, Ai Kurniati berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa khususnya di SMKN 3 Garut dapat terus berkreasi dan berkarya dalam menciptakan pangan khususnya yang berbasis lokal.

“Alhamdulillah khususnya ibu pribadi, dengan adanya acara seperti ini senang sekali alhamdulillah terutama untuk anak-anak bisa lebih mengembangkan potensinya. Kemudian juga ibu sangat berterimakasih kepada pihak Dinas Ketahanan Pangan yang sudah bisa bekerja sama dengan kami khususnya SMKN 3 Garut. Mudah-mudahan kedepannya bisa menjalin kerja sama lagi,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT