• Bahasa

DPPKBPPPA Garut Kenalkan Sibanggalink Ke Tim Lapangan

5 Sep 2022 Hanapi 2142

GARUT, Tarogong Kidul - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut menggelar acara Sosialisasi Penggunaan Aplikasi SIBANGGA-Link atau Sistem Informasi Pembangunan Keluarga nge-Link, yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi video telekonferensi Zoom Meeting, Senin (5/9/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Anak DPPKBPPPA Garut, Budi Kusmawan, mengatakan, Aplikasi SIBANGGA-Link hadir sebagai tindaklanjut Gerakan T.O.S.S (Temukan Obati Sayangi balita Stunting) dalam upaya dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Garut.



"Kami sudah membuat satu aplikasi yang namanya SIBANGGA-Link, SIBANGGA-Link ini singkatan dari Sistem Informasi Pembangunan Keluarga Nge-link, di mana salah satu menu di dalam aplikasinya ada terkait dengan data stunting yang _by name by address_, hasil bulan pencarian stunting di bulan Juni yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan," ujar Budi seusai acara di Kantor DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (5/9/2022).

Ia mengungkapkan dalam sosialisasi ini hadir tim di lapanganan baik dari Puskesmas, balai penyuluh KB, dan juga tim pendamping keluarga di tingkat desa.



Budi menjelaskan melalui sosialisasi ini, nantinya para pengguna Aplikasi Sibangga-Link bisa meng- _upload_ foto _profil_ Bayi bawah Dua Tahun (Baduta) hingga foto jamban dari rumah Baduta yang mengalami Stunting tersebut.

"Sehingga termasuk ada determinannya juga yang penyebab stuntingnya sama intervensi yang harus dilakukan. Nah ini kaitannya dengan upaya pemantauan yang secara kontinyu sehingga kita dari tim TPPS Kabupaten bisa memantau sejauh mana perkembangan hasil daripada pemberian makanan tambahan berupa telor maupun susu," jelasnya.



Ia juga menilai, jika para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi penggunaan Aplikasi SIBANGGA-Link yang dihadiri oleh kurang lebih 300 partisipan ini.

"Alhamdulillah mereka menyambut antusias juga karena memang kita (nantinya) sekalian melakukan pendistribusian PMT, sambil memberikan bantuan mereka juga sambil memfoto profil dari badutanya, dari keluarganya, dan dari rumahnya, sehingga nanti ditemukan data yang _update_, jadi ketika kita klik misalnya ada nama “A” di aplikasi itu bisa keliatan juga profil si baduta yang bersangkutan," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT