• Bahasa

Kadiskominfo Garut Berharap Relawan TIK Bisa Jadi Mitra Pemerintah Dalam Literasi Digital

18 Jun 2022 Hanapi 413

GARUT, Tarogong Kidul - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Muksin,  berharap, kepengurusan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (RTIK) di Kabupaten Garut menjadi mitra pemerintah daerah, khususnya Diskominfo Garut, dalam rangka menyiapkan masyarakat dalam literasi digital.

Harapan itu mengemuka, usai menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus Cabang RTIK Kabupaten Garut Masa Khidmat 2022-2026, bertempat di Gedung Public Information Center (PIC) Diskominfo Kabupaten Garut,Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.



Muksin mengaku bangga dengan telah dikukuhkannya relawan TIK di Kabupaten Garut. Keberadaannya dinilai strategis untuk masyarakat dalam rangka menyambut era digital saat ini.

"Bahkan sekarang tengah gencar-gencarnya dilakukan sosialisasi literasi digital, salah satunya Kabupaten Garut juga kemarin ada dari yang ditunjuk oleh kementerian untuk melakukan sosialisasi literasi digital," ucap Muksin.



Melalui pengukuhan ini, imbuhnya, eksistensi RTIK di Kabupaten Garut dapat terlihat dari mulai sisi keorganisasiannya hingga melakukan jejaring di masyarakat.

"Kemudian prosesnya dengan jejaring, termasuk yang akhirnya itu adalah bagaimana relawan TIK itu dapat berkiprah tentunya di dalam, saya namakan tim Gadis (atau) Garut Digital Society," ungkapnya.



Sementara itu, Ketua RTIK Provinsi Jawa Barat, M. Fajar menyampaikan, pelantikan pengurus RTIK Kabupaten Garut ini merupakan salah satu bentuk upaya dari RTIK untuk meningkatkan pengunaan TIK secara positif di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Garut. Ia memaparkan, ada dua fungsi RTIK diantaranya adalah rebranding dan bridging.

"Rebranding itu kan kita menemukan, rebranding bagaimana kita ingin memberitahukan kepada dunia bahwa pemanfaatan internet di Indonesia itu sangat baik," katanya.



Bridging sendiri, imbuhnya, RTIK berperan untuk menjembatani masyarakat yang membutuhkan edukasi terkait TIK itu sendiri.

"Sementara dari sisi pemerintah, kemudian bisnis, itu mereka punya budget atau misalkan punya program dalam hal itu relawan TIK mempertemukan itu," lanjutnya.



Fenomena TIK saat ini khususnya di masa Pandemi Covid-19 sebagai titik balik, dimana dunia seakan terpental ke era digital. Meskipun pada awalnya dunia digital belum dianggap sebagai suatu hal penting oleh masyarakat.

"Tapi dengan adanya pandemi kita jadi sadar bahwa oh ternyata digital itu menjadi salah satu aspek kehidupan kita," ucapnya.

Senada dengan Kadiskominfo Garut, Fajar berharap, pengurus RTIK Kabupaten Garut yang telah dilantik dapat mengoptimalkan perannya sebagai RTIK, di mana pengurus RTIK Kabupaten Garut harus siap bilamana ada masyarakat yang membutuhkan edukasi. Melalui pemanfaatan digital yang positif dan produktif, diharapkan  akan semakin mengurangi dampak negatif dari penggunaan digital tersebut.



Ketua RTIK Garut Terpilih, Zoel Hilmy menyampaikan, pengurus RTIK di Kabupaten Garut berjumlah 15 orang, ditambah dewan pembina dan dewan penasihat masing-masing sebanyak 2 orang.

"Untuk 15 orang ini berasal dari berbagai kalangan bisa dibilang, yang pertama ada dari pengusaha, ada dari Pramuka juga (dan) dari lintas organisasi yang lain, dari mahasiswa ada, dari dinas juga perwakilan (ada)," ucapnya.



Zoel mengatakan, pihaknya berencana untuk memperluas kalangan pengurus RTIK di Kabupaten Garut sehingga dapat terdiri dari berbagai kalangan.
 
"Bukan hanya itu-itu aja bukan hanya dari akademisi aja, tapi dari semua kalangan yang ada dari masyarakat Garut ini," katanya.

Berikut jajaran Pengurus Cabang RTIK  Kabupaten Garut Masa Khidmat 2022-2026 (berdasarkan Surat Pengesahan Pengurus Pusat Relawan Tik Indonesia, Nomor: 063/PP/SP/3/30522/V/2022, tanggal 30 Mei 2022) :



DEWAN PENASEHAT :
Kepala Diskominfo Kab  Garut, H. Muksin, S.Sos., M.Si
Drs. Diar Cahdiar Antadireja, M.Si

DEWAN PEMBINA :
Muhammad Rikza Nasrullah
Rinda Cahyana
 
KETUA       : Zoel Hilmy
WAKIL KETUA : Yanyan Agus Supianto
SEKRETARIS  : Shopi Nurhidayanti
BENDAHARA   : Sri Mulyani Lestari
 
BIDANG KESEKRETARIATAN : Apip Purosad
Anggota : Usman Firdaus
 
BIDANG KEMITRAAN DAN LEGAL : Fahmi Taufiq Zain
Anggota : Eri Satria
               : Ali Ibrahim
 
BIDANG PROGRAM DAN APTIKA : Dicky Nofyan Hidayat
Anggota : Sukanda
 
BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SDM : Dewi Tresnawati
Anggota : Ziadatun Khoirun Nisa
 
BIDANG KOMUNIKASI PUBLIK : Dimas Wahyudi
Anggota : Iqbal Maulana
               : Prayoga Hakim

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT