• Bahasa

Kadisperindag ESDM Garut Sebut Ketersediaan Minyak Berangsur-Angsur Normal

7 Feb 2022 Hanapi 268

GARUT, Tarogong Kidul - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Kadisperindag ESDM) Garut, Nia Gania Karyana, menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini keberadaan minyak goreng berangsur-angsur ada di setiap supermarket walaupun sedikit terlambat.

Ia juga mengatakan, setelah melakukan koordinasi serta inspeksi mendadak (sidak), minyak goreng di suplier ada. Namun, pihak suplier takut menjual minyak dengan harga yang sesuai dengan kebijakan dari pemerintah.

"Nah setelah kita melakukan koordinasi, konsultasi dan melakukan sidak, ternyata di beberapa suplier minyak goreng curah itu ada, hanya mereka takut meluncurkan dengan harga di luar batas yang ditentukan oleh pemerintah pusat sebesar maksimal 11 ribu 500," ujar Gania,  Senin (7/2/2022).

Demi menjaga ketersediaan minyak curah di pasaran, imbuhnya, pihaknya mengizinkan para suplier untuk melakukan penjualan dengan harga pasar. Para suplier tidak menjual dengan harga yang ditentukan oleh pihak pemerintah karena dari suplier membutuhkan operasional guna menghindari kerugian.

"Karena kalau tidak menjual dengan harga pasar mereka memang butuh operasional, sehingga mereka tidak (mengalami) kerugian, kita maklum bahwa program pemerintah untuk satu harga perlu disukseskan, namun demikian sebetulnya kita pun melihat bahwa ketersedian minyak curah lebih penting dari pada apapun juga,kalau minyak sudah tersedia, maka pelaku-pelaku usaha kecil (seperti) tukang bala bala, tukang combro dan lain sebagainya bisa berdagang," imbuhnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kadisperindag ESDM Garut meminta maaf kepada masyarakat karena masih membeli minyak goreng di atas harga yang telah ditentukan oleh pemerintah yaitu 11.500 rupiah.

"Ini semata-mata untuk menjaga ketersedian terlebih dahulu, akan kita lakukan koordinasi, komunikasi, strategi apa yang bisa kita lakukan sehingga minyak curah menjadi sesuai dengan harga eceran tertinggi oleh pemerintah pusat 11.500, sekali lagi ini semata-mata digulirkan untuk menyediakan suplai dan menyediakan minyak curah di beberapa pasar," kata Gania.

Ia berharap, ke depannya minyak goreng tersedia di pasaran dan juga harganya terjangkau oleh masyarakat."insya Allah beberapa suplier akan menurunkan minyak curah terutama di Pasar Ciawitali, semoga masyarakat bisa maklum dan mudah mudahan ada strategi yang memang bisa kita ambil sehingga minyak curah bisa tersedia di pasaran, dan harga terjangkau oleh masyarakat." tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT