• Bahasa

Kecamatan Pasirwangi Terapkan Metaplan Digital Dalam Pelaksanan Musrenbang

27 Jan 2022 Hanapi 594

GARUT, Pasirwangi - Di awal tahun 2022, pemerintah di tingkat kecamatan di Kabupaten Garut, saat ini sedang melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023.

Seperti halnya pelaksanaan musrenbang tahun lalu, tahun ini masih dalam masa pandemi ini, tentunya memerlukan sebuah terobosan agar dalam pelaksanaannya bisa lebih optimal.

Salah satunya muncul inovasi brilian dari Kecamatan Pasirwangi, di mana pihak kecamatan dalam pelaksanaan musrenbang ini menerapkan metaplan digital dengan memanfaatkan teknologi melalui aplikasi android, sehingga walaupun ada pembatasan peserta yang hadir namun tidak mengurangi hak warga untuk berpartisipasi menyampaikan usulan.



"Metode ini menggunakan aplikasi android di mana dalam kondisi pandemi ketika ada pembatasaan peserta yg hadir ini tidak akan mengurangi hak warga masyarakat untuk berpartisipasi menyampaikan usulan-usulannya tanpa harus hadir didalam forum," ujar Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, melalui pesan singkat Whatsapp, Rabu (26/01/2022).

Dengan pemanfaatan metaplan digital ini, imbuhnya,  mampu menjaring 274 peserta, dengan menampung 331 usulan dengan memperhatikan tingkat kemanfaatan, kedaruratan dan potensi sumber dayanya.

Saepul berharap dengan metaplan digital semua warga di Kecamatan Pasirwangi ikut memilih kegiatan prioritas.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT