• Bahasa

Polres Garut Ajak Para Jurnalis Tangkal Hoaks Demi Menjaga Kondusifitas Wilayah

20 Dec 2019 Hanapi 1636

Di hari terakhir acara sosialisasi yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Garut, diisi dengan materi Peranan Pers dalam menangkal hoax dan radikalisme oleh  Polres Garut.

Sebagai narasumber Kasubag Humas Polres Garut Ipda H. Muhlis Hidayat mewakili Kapolres Garut, mengajak para jurnalis bersama-sama menangkal hoaks demi menjaga kondusifitas wilayah.

Menurut Muhlis, akhir-akhir ini terdapat sejumlah isu hoaks yang sengaja disebarkan untuk memprovokasi masyarakat. Maka itu, kata dia, media sebagai kontrol sosial bagi pemerintah maupun stakeholder lainnya diharapkan tidak memberitakan sesuatu yang dapat menimbulkan konflik antara suku, agama, ras maupun golongan. Berita bernada provokatif yang bertujuan membenturkan agar dihindari, tuturnya.

“Kita harus bersama-sama menangkal upaya provokatif pihak-pihak tertentu yang berkeinginan menimbulkan kegaduhan dan memecah belah bangsa,” katanya saat menjadi narasumber di acara Sosialisasi Meningkatkan Peran Serta Pers dalam Mewujudkan Akselerasi Pembangunan Daerah yang digelar di Hotel Redante Jalan Samarang, kabupaten Garut, Jumat (20/12/2019).

Kasubag Humas Polres Garut melanjutkan, tanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melekat pada semua masyarakat, tidak cukup hanya dilakukan aparat penegak hukum dan pemerintah. Oleh karenanya semua komponen masyarakat termasuk insan pers diminta ikut ambil bagian dalam menjaga kondusivitas. Setidaknya dengan tidak ikut menyebar berita hoaks dan berita provokatif yang bisa memunculkan gesekan, cetusnya.

“Masyarakat dibantu rekan-rekan pers diharapkan tidak memforward atau meneruskan berita hoaks. Wartawan harus menjadi garda terdepan menangkal berita hoax dan ujung tombak penyampaian informasi kekinian kepada masyarakat,” sarannya.

Ipda Muhlis Hidayat mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut tersebut, dia menuturkan acara sosialisasi ini sekaligus ajang silaturahmi dengan wartawan untuk mempererat jalinan kemitraan dan meningkatkan sinergitas hubungan antara jurnalis dengan pemangku kepentingan.

“Mewakili Bapak Kapolres, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena para jurnalis memiliki peran strategis dalam ikut menjaga kondisifitas wilayah serta keamanan dan keutuhan NKRI. Kami percaya para jurnalis akan memegang teguh kode etik jurnalistik dan mengedepankan keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kabid Pengelolaan Informasi dan Kehumasan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Ricky Rizki Darajat, Kasi Pengelolaan Media Publik dan Kehumasan Tantan Herdiana, narasumber dari Polres Garut oleh Kasubag Humas Polres Garut Ipda H Muhlis Hidayat, Kapolsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin dan puluhan wartawan dari berbagai media.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT