• Bahasa

400 Kepala SD Dan SMP Ikuti Bimtek Pengelolaan Dana BOS

3 May 2023 Hanapi 465

Garut, Tarogong Kaler - Sebanyak 400 kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kabupaten Garut mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang diselenggrakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat.  

Acara selama satu hari ini dibuka resmi Bupati Garut, Rudy Gunawan, bertempat di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (3/5/2023). Turut hadir BPKP Provinsi Jawa Barat, Inspektur Daerah Garut, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.



Dalam sambutanya Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan pengelolaan dana BOS ini harus transparansi artinya terbuka secara umum yang melibatkan semua struktur sekolah mulai dari guru-guru, komite sekolah, kalau perlu dapat juga melibatkan para orangtua siswa dalam pengelolaan dana BOS tersebut.

Hal ini agar penggunaan dana BOS dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan komitmen bersama dalam mengelola dana BOS demi kelancaran pendidikan sekolah. Disini tentu dapat di pahami bersama bahwa kita masing-masing memiliki tugas dan wewenang yang pada intinya harus mendukung suksesnya program ini.



Ia juga berpesan kepada peserta kegiatan ini akan pentingnya kejujuran dan tetap cermat, pedomani seluruh aturan yang ada. Ingat pengawasan pelaksanaan terhadap dana BOS ini bukan hanya dari internal seperti Inspektorat Daerah dan BPK/BPKP namun juga dari pihak eksternal seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga masyarakat dapat mengawasi penggunaan dana BOS.

“Terkait pelaporan saya harap dapat memenuhi asas akuntabilitas yang berarti dapat dipertanggungjawabkan.” Harapnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT