• Bahasa

BAPPEDA Garut Gelar Forum Ngorejat Bahas Pendapatan Daerah

27 Feb 2023 Hanapi 442

GARUT, Tarogong Kidul – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka Kegiatan Forum Ngorejat (Ngobrol Cerdas Ngaronjatkeun Pendapatan), di Aula BAPPEDA Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (27/2/2023). Acara ini diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Garut.

Bupati Garut menilai Forum Ngorejat ini sangat bagus dilaksanakan. Meskipun begitu, dalam forum ini perlu dilakukan evaluasi jika terdapat target-target yang tidak tercapai.



Kepala BAPPEDA Garut, Didit Fajar Putradi, mengungkapkan, dalam Forum Ngorejat ini pihaknya mengundang beberapa pegawai dalam lingkup perencanaan pembangunan, mengingat saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dalam masa penyusunan Musyawarah  Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tahun 2024.

“Kita ingin membawa bukan suasana pesimistik tetapi tentu sebagaimana pandangannya para ahli lah sekalipun belum tentu benar ya bahwa ini kita akan berhadapan dengan tahun 2023 yang masih penuh misteri gitu ya, misterinya itu adalah karena kita akan menghadapi kemungkinan ada badai ekonomi,” ucapnya.



Didit menambahkan, dalam forum ini pihaknya sedang memprediksikan usaha untuk bermusyawarah, bukan hanya sekedar musyawarah untuk belanja, namun juga dilakukan analisis secara mendalam terkait pendapatan.

“Sebetulnya kemampuan keuangan daerah kita yang harus bertumpu pada kemampuan sendiri itu karena DAU (Dana Alokasi Umum) kita kan menjadi DAU yang terarah begitu ya, sehingga kita juga harus memperkuat dan sudah waktunya mengkaji secara mendalam kemampuan pendapat aset daerah itu sebenarnya seperti apa,” lanjutnya.



Ia mengungkapkan, beberapa jenis pendapatan juga perlu dilakukan analisis mendalam seperti retribusi apa yang mencapai target, apa saja yang tidak mencapai target, apa saja yang melampaui target, apakah targetnya terlalu rendah, dan beberapa analisis lainnya.

“Jadi kita akan coba analisis bagaimana target-target ini, apakah benar target tahun depan itu akan menurun dari target sekarang, kenapa menurun, atau kenapa tetap, kenapa harus meningkat, dengan potensi-potensinya seperti apa,” tuturnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT