• Bahasa

Bupati Garut Ajak Masyarakat Jadikan Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup

11 Apr 2023 Hanapi 346

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri acara Peringatan Nuzulul Quran 1444 Hijriah yang dilaksanakan di Masjid Agung Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin malam (10/4/2023).

Bupati Garut mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut menyelenggarakan Peringatan Nuzulul Quran 1444 Hijriah, di mana nuzulul quran sendiri merupakan suatu peristiwa penting bagi umat Islam yaitu turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.



"Kita memaknai turunnya Al-Quran sebagai bagian hikmah bagi seluruh alam, bagi seluruh manusia, dengan turunnya Al-Quran yang disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada utusan Allah Muhammad Rasulullah SAW, menjadikan satu era di mana tadinya jahiliyah menjadi zaman yang rahmatan lil'alamin," ucapnya.

Ia mengingatkan, bahwa sebagai umat Nabi Muhammad SAW, diharuskan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, di antaranya adalah mengamalkan Al-Quran sebagai pedoman hidup, yang akan mengantarkan umat Islam kepada situasi selamat dunia dan akhirat.



"Sebenarnya itu tujuan manusia selamat di dunia, bahagia lahir dan batin, kalau Bapak Ridwan Kamil menyatakan bahwa juara lahir dan batin, maka meninggalnya pasti masuk surga dan berada dalam barisan terdepan dari umat Rasulullah SAW," lanjutnya.

Tentunya, imbuh Rudy, setelah 10 kepemimpinannya di Kabupaten Garut, dirinya dan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, selalu menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, di antaranya adalah bagaimana dirinya mempedomani Al-Quran dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Garut, apalagi saat ini visi Kabupaten Garut adalah Bertaqwa, Maju, dan Sejahtera.



"Saya hanya berpesan ayo marilah kita jadikan momentum Nuzulul Quran itu dalam rangka meningkatkan hablumminannas dan juga meningkatkan hablumminallah, sesama manusia sesama muslim apalagi kita harus mempunyai empati dan rasa bahwa kita merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari muslimin-muslimat lainnya," tandasnya.

Acara Peringatan Nuzulul Quran ini juga menghadirkan penceramah Ust. Yayat Ruhiyat, yang memberikan tausiyah terkait keutamaan bulan suci Ramadhan.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT