• Bahasa

Bupati Garut Apresiasi Gotong Royong Masyarakat di Lokasi Bencana Cisewu

6 Dec 2020 Hanapi 866

GARUT, Cisewu - Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan peninjauan ke lokasi bencana longsor di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Minggu (6/12/2020).

Dalam kunjungannya, ia mengapresiasi gotong royong masyarakat dalam menyikapi bencana longsor ini.

"Ini terima kasih kepada pengawas sekolah Pak Sukanda, bisa mengatur mana (ruangan untuk) yang sakit, mana yang anak-anak, mana yang lansia, bagus-bagus. Ini gotong-royongnya luar biasa," ungkap Rudy.



Rudy mengatakan, saat ini di lokasi bencana masih rawan karena intensitas hujan masih cukup tinggi.

"Persiapan logistik untuk korban longsor di Cisewu, karena korban longsor di Cisewu di pengungsian itu hampir 700 orang, ini memerlukan kesiapsiagaan yang luar biasa, beras kita ada, kita akan drop lagi nanti (dari) Dinas Sosial (atau) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan yang terpenting adalah kita juga menjaga karena kondisi sekarang ini hujan, masih cukup lebat, sehingga mungkin kita agak lama untuk mengevakuasi dan saudara-saudara kita dari tempat pengungsian," ucapnya.



Rudy mengatakan, untuk kebutuhan inti seperti makan sudah terjamin.

"Insya Allah kita akan menjamin untuk makan 3 kali sehari dengan makanan yang bergizi, karena ini masa pandemi, akan ditanggung oleh pemerintah daerah Kabupaten Garut, sumbangan dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara), sumbangan dari BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), (dan) masyarakat para aghnia," tutur Bupati Garut.



Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada para pengungsi.

"Ini di pengungsian di salah satu pengungsian ada 285 orang di MI (Madrasah Ibtidaiyah) An-Nur Desa Cisewu,  dan ini kemarin ada (bantuan) dari BJB (Bank Jabar Banten) ya, dan juga dari KOPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia), nanti kita bagikan di sini, nanti bu camat yang akan membagikan ini, dan segera kita akan berikan kasur, dengan bantal, ada selimut, dalam dua tiga hari (kedepan) semua sudah menggunakan kasur," pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT