• Bahasa

Bupati Garut Lepas 1.938 Jamaah Haji Asal Kabupaten Garut

18 May 2023 Hanapi 393

GARUT, Tarogong Kaler - Bupati Garut, Rudy Gunawan secara resmi melepas 1.938 jamaah haji asal Kabupaten Garut, bertempat di Gedung Graha Patriot, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (18/5/2023). Rencananya proses pemberangkatan maupun kedatangan akan dipusatkan di Gedung Pendopo Garut.

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengungkapkan rasa syukurnya serta mengapresiasi kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, yang telah melakukan upaya untuk menambah kuota jamaah haji Kabupaten Garut, sesuai dengan kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat. Jumlah jamaah haji yang berangkat tahun ini meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.



Meski mengalami perubahan dalam biaya penyelenggaraannya, namun jamaah dari Garut semua bisa diberangkatkan.

"Sekarang ini hampir 25 juta, tapi alhamdulilah di Garut semuanya sudah dalam keadaan membayar semua dan siap berangkat," ucapnya.

Bupati Rudy menyebutkan, Pemkab Garut menyiapkan 800 juta rupiah untuk bantuan transportasi bis serta konsumsi bagi jamaah haji ketika akan berangkat menuju tanah suci.



Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Garut, Cece Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan acara seremonial pelepasan jamaah haji yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah bersama Kantor Kemenag Garut. Selain kegiatan ini, lanjutnya, nantinya juga akan dilakukan pelepasan pemberangkatan jamaah haji per kloter di Komplek Pendopo Garut.

"Ya mudah-mudahan (dilepas oleh Menteri Agama), karena ini kan kloter pertama di Jawa Barat, Garut kloter pertama di Jawa Barat dan ini mudah-mudahan saja bisa (menjadi) kloter pertama nasional, mudah-mudahan saja," ucapnya.



Cece menerangkan, bahwa seluruh jamaah haji dari Kabupaten Garut berjumlah 6 kloter, di mana 4 kloter asli berasal dari Garut, dan 2 kloter lainnya tergabung dengan daerah lain yaitu dengan Cirebon dan Bandung. Sebanyak 1.938 calon jemaah haji yang akan berangkat, hingga hari ini sudah terpenuhi.

"Insya Allah sampai dengan hari H itu semua jamaah sudah siap, dokumen sudah siap, tinggal menunggu jadwal saja," tuturnya.



Cece menjelaskan, berkaitan dengan kenaikan harga pemberangkatan haji tidak terlalu berdampak secara signifikan, karena sampai saat ini para jamaah yang batal berangkat umumnya karena alasan sakit, meninggal dunia, tidak ada mahram, ataupun juga jamaah haji yang beralamat tidak jelas.

"Yang batal, yang belum itu itu 200 orang Pak, itu yang belum terverifikasi ya, ada yang meninggal dunia, mungkin karena alamatnya tidak jelas Pak, dia udah keluar dari Garut, macam-macam pak itu orang-orang yang belum terverifikasi," ucapnya saat diwawancara.



Selain menjaga kesehatan dan mengonsumsi vitamin, Cece mengimbau para jamaah maupun keluarga yang akan mengantarkan para jamaah dalam pemberangkatan nanti untuk berhati-hati dan waspada menghindari tindakan pencurian.

Untuk memastikan kesehatan para jamaah, Cece memastikan, pihaknya telah menyiapkan 24 Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI), yang terdiri dari tenaga kesehatan terdiri dari 1 orang dokter dan 2 orang perawat dari setiap kota.



"Dan sekarang tambah 2 sama TPHD, itu mereka kan bantu terutama dalam rangka penanganan penataan selama di Mekah di Madinah, membantu mengkoordinasikan, mengkomunikasikan, yang namanya jamaah haji kan juga mungkin karena capek, perlu ada suplai-suplai semacam itu pak," ucapnya.



Berikut kloter pemberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Garut :
1. Kloter 1 Gelombang I tanggal 23 Mei 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 03.15 WIB
2. Kloter 14 Gelombang I tanggal 28 Mei 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 13.00 WIB
3. Kloter 44 Gelombang II tanggal 8 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 01.00 WIB
4. Kloter 54 Gelombang II tanggal 13 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 03.15 WIB
5. Kloter 68 Gelombang II tanggal 19 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 14.00 WIB
6. Kloter 69 Gelombang II tanggal 20 Juni 2023 berangkat dari Gedung Pendopo Garut Pukul 13.00 WIB.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT