• Bahasa

Bupati Garut : Pemerintah Jamin Keluarga Kekurangan Gizi

22 Dec 2019 Hanapi 1893

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menggelar Bakti Sosial dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke 91, bertempat di Gedung PKL II Jalan Guntur Kelurahan Ciwalen Kecamatan Garut Kota, Minggu (22/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan, dengan agenda Bakti Sosial Pencegahan Stunting, Pengobatan Gratis, dan Pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita.

Dalam sambutanya Bupati Garut menyampaikan aspirasinya kepada PDI Perjuangan yang telah mensosialisasikan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten dalam mengatasi stunting di kabupaten Garut.

”Stunting merupakan salah satu program dari Lima program yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, diantara program Presiden RI Joko Widodo yaitu Repormasi Birokrasi, Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, membangun Investasi dan menciptakan lapangan kerja, Membangun Generasi Emas dan menciptakan Indonesia Sehat salah satunya permasalahn stunting (Beke), untuk itu dengan diadakan bakti sosial ini saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh DPC PDI Perjuangan dibawah ketua Bapak Yudha Puja Turnawan,” kata Bupati Garut.

Diterangkan Bupati, stunting di kabupaten Garut saat ini persentasi penderita stunting ada di 5% persen jauh menurun dari sebelumnya 40%.

”Tetapi kominten pemerintah hingga tahun 2024 yang menginginkan Zero Stunting tentunya harus kita dukung bersama, untuk di kabupaten Garut sendiri, kita saat ini menangani penderita stunting 84 kasus, dan untuk tahun 2020 kita siapkan anggaran penanganan stunting untuk 135 kasus,” ujarnya.

Bupati menghimbau, kepada masyarakat yang mendapatkan atau menemukan dilingkungannya ada keluarga yang terindikasi kekurangan gizi atau stunting segera melaporkan kepada Kader atau ke puskesmas terdekat, pemerintah berkewajiban untuk memberikan jaminan kesehatan bagi mereka yang mengalami kekurangan asupan gizi saat hamil dan perawatan bayinya.

”Kita ada program PISPK yang akan menjamin keluarga yang kekurangan gizi dengan memberikan bantuan sebesar Rp 20.000/hari selama 9 bulan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan mengatakan, bakti sosial ini diselenggarakan salam rangka memperingati hari Ibu ke 91 yang jatuh pada hari ini, Minggu 22 Desember 2019.

”Ada beberapa agenda yang dilaksanakan hari ini yaitu, Sosialisasi pencegahan stunting, pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan bagi Balita,” tutur Yudha.

Disampaikan Yudha, dipilihnya Kelurahan Ciwalen kecamatan Garut Kota berdasarkan hasil data yang dirilis Dinas Kesehatan Garut, Ciwalen merupakan kecamatan yang mempunyai angka stunting yang cukup signifikan dibandingkan desa/kelurahan yang ada di kabupaten Garut.

”Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Garut H Rudy Gunawan yang telah hadir dan membuka acara Bakti Sosial ini," pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT