• Bahasa

Bupati Garut : Pemkab Menjamin Selama PSBB Stok Bahan Pangan Aman

10 May 2020 Hanapi 1347

Bupati Garut H. Rudy Gunawan mengaskan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Pemkab Garut menjamin stok ketersediaan bahan pangan, aman.

Menurut Rudy, pasokan gula untuk Garut sudah tersedia dan baru tiba di Tanjung Priok, Jakarta, minggu depan akan masuk ke Garut. Dengan datangnya pasokan barang tersebut, bisa menjadikan harga harga gula semakin stabil.

Ditambahkan Rudy, Minyak, gas, dan beras juga aman. Pokoknya sembako harus aman saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Garut.

"Angkutan barang kan tetap diutamakan masuk ke Garut," ujarnya.

Rudy menyebutkan, yang menjadi persoalan saat ini justru terkait sayur mayur dari petani lokal yang biasa dijual ke luar malah tak laku dan banyak yang ditolak.

"Seperti sayuran dari Samarang yang biasa dikirim ke Bandung malah sekarang ditolak di sananya. Bukan karena soal corona, tapi stoknya banyak yang beli tidak ada," katanya.

Akibatnya, lanjut Rudy, stok sayuran di Garut saat ini cukup melimpah dan membuat harganya turun drastis. Hal itu pun tentunya dikeluhkan para petani karena pendapatan mereka juga ikut merosot tajam.

Rudy menuturkan distribusi pangan dari luar Garut maupun dari dalam wilayah Garut dijamin oleh pemerintah. Selama PSBB diberlakukan urusan pangan tidak ada batasan dalam pengadaan dan distribusinya.

Begitupun, kata Rudy, dengan pasar tradisional dan modern yang tetap buka. Sehingga masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

"Untuk pasar tradisional ataupun pasar modern yang menyediakan bahan pokok makanan diminta untuk tidak tutup namun hanya waktu operasional saja yang dibatasi,” ucap Rudy.

Mengenai pelaksanaan PSBB, Bupati Rudy mengatakan, jajaran petugas gabungan dalam PSBB telah disebar di sejumlah titik kawasan perkotaan, maupun perbatasan kota (check point) untuk memeriksa warga pendatang.

"Petugas juga melakukan penertiban terhadap orang yang melanggar PSBB seperti tidak memakai masker, maupun kafe dan warung yang berjualan makanan di siang hari," kata Rudy.

Bupati Rudy mengakui, aturan PSBB masih memberikan toleransi kepada pedagang untuk tetap berjualan dengan batas waktu yang ditentukan sebagai upaya menghindari kerumunan orang.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT