• Bahasa

Bupati Garut Sebut PJJ Sudah Diterapkan UT Sebelum Pandemi Covid-19

24 May 2022 Hanapi 470

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan, menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam acara Seminar Akademik - Unit  Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ) Univeristas Terbuka (UT) yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting, di Gedung Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (24/5/2022).

Dalam paparannya Bupati Garut menyampaikan, sejak puluhan tahun Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ sudah lama diterapkan oleh UT, dan di masa pandemi seperti saat ini menurut Rudy, PJJ ini sangat relevan diterapkan, bahkan pembelajaran ini kini banyak diterapkan oleh siswa sekolah, terlebih kini dibantu dengan pesatnya perkembangan teknologi.



"Nah tentu UT sangat relevan, apalagi dasar hukum UT itu sangat jelas dan kita menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh UT dengan pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pandemi kemarin ini mempunyai relevansi yang sangat luar biasa," ujarnya.

Dalam rangka mewujudkan sesuai tema dari seminar ini, "Sinergitas dan Kolaborasi Melalui PTJJ Dalam Mewujudkan SDM Unggul di Era Normal", Bupati Garut berharap UT bisa terus mengembangkan modul-modul PJJ ditengah pesatnya teknologi saat ini, salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi video telekonferensi yang bisa dihadiri oleh ribuan orang.



"Karena teknologi, orang sekarang ini dulu kan kita tidak mungkin, misalnya berpikiran bahwa kita bisa tatap muka, saya di Garut, bapak-bapak di Bandung, mungkin ada yang di Amerika, mungkin ada yang dari mana, dengan teknologi zoom kita bisa bertemu (secara virtual)," ucapnya.

Ia juga menyatakan, Kabupaten Garut siap memberikan dukungan terhadap PJJ guna menghasilkan generasi emas di tahun 2045.



"Teknologi sudah sangat luar biasa, nah tentunya dalam konteks itu saya secara rinci mungkin kami mau menyampaikan bagaimana Kabupaten Garut memberikan dukungan terhadap pendidikan jarak jauh dengan teknologi 4.0 dapat menghasilkan generasi emas di 2045." tandasnya.

Kegiatan seminar ini sendiri sebagai  upaya membekali para Lulusan Program Sarjana (S1), Diploma IV (D-IV) Universitas Terbuka Tahun 2021 Periode II di wilayah kerja UPBJJ-UT Bandung dari 18 Kabupaten/Kota yang berjumlah 1.118 orang, dimana sebagian besar lulusannya berasal dari Kabupaten/Kota Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT