• Bahasa

Bupati Garut Terima Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Nilai B dari MenPAN-RB

26 Jan 2018 Admin 1543

Bupati Garut Terima Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Nilai B dari MenPAN-RB

Pemerintah Kabupaten Garut untuk kesekian kalinya mendapatkan penghargaan, untuk kali ini mendapatkan penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dengan predikat nilai B, penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/01/2018) dan di terima langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur menyampaikan bahwa penyerahan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dilakukan dalam rangka untuk memberikan gambaran sudah sejauh mana instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan kinerja atau hasil dari penggunaan anggaran.

Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja diberikan dalam bentuk simpulan penilaian yang menunjukkan derajat kemampuan setiap instansi pemerintah menerapkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia, terus berupaya melakukan efisiensi penggunaan anggaran 2018, salah satunya dengan mendorong penerapan manajemen kinerja lewat skema Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

SAKIP dirasakan sangat penting, terutama ketika Presiden Jokowi menghendaki seluruh instansi pemerintah melakukan efisiensi dan meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran dalam program-program pembangunan yang menjadi prioritas.

“Atas dasar tersebut, pada tahun 2017 kita berhasil mendorong potensi efisiensi anggaran pemerintah sebesar Rp 40 triliun,” ungkap Asman.

Melalui perencanaan SAKIP, Kementerian PAN-RB mencatat telah berhasil mengalihkan penggunaan anggaran untuk pembiayaan proyek dan program penting pemerintah, bukan menggunakannya untuk hal-hal kecil yang tidak terlalu penting, jelasnya.

Dengan skema Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), lanjut Asman, akan membangun sebuah konsep pertanggungjawaban sesungguhnya yang merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah melalui penerapan manajemen kinerja, semakin baik penggunaan SAKIP di instansi pemerintah, semakin tinggi potensi penggunaan anggaran secara efektif dalam upaya pencapaian pembangunan nasional, terangnya.
Atas raihan prestasi ini, Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut dan juga semua elemen masyarakat di Kabupaten Garut, karena kebersamaan kita semua kinerja, komitmen dan integritas, kita mendapatkan penghargaan untuk kesekian kalinya dari pemerintah pusat, dan ini turut mengharumkan nama Kabupaten Garut.

“Sebenarnya target SAKIP B ini ditargetkan bisa dicapai tahun depan, namun ternyata Alhamdulillah pencapaian tersebut bisa didapat tahun ini, sehingga kami menargetkan tahun depan nilai kami bisa naik menjadi A,” jelas Bupati Garut usai menerima penghargaan.

Rudy menambahkan pemerintah Kabupaten Garut akan terus berupaya agar semua program pembangunan dilakukan secara transparan, akuntabel serta tertib administrasi dan anggaran diprioritaskan untuk membiayai proyek dan program penting pemerintah yang menyangkut kebutuhan pokok masyarakat.

“Ke depan kita semua berharap agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut untuk mampu mempertahankan dan meningkatkan Akuntabilitas Kinerja di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing agar di tahun depan kabupaten Garut memperoleh predikat A,” harapnya.

Dalam menerima penghargaan tersebut, Bupati Garut didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektur serta jajaran Pemerintah Daerah lainnya.

garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT