• Bahasa

Camat Karangpawitan Resmikan Desa Wisata Linggaratu

16 Oct 2019 Hanapi 2846

Pemerintah kabupaten Garut melalui Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat, meresmikan Desa Wisata Linggaratu di Kampung Babakan Sukasirna, Desa Sindangpalay, kecamatan Karangpawitan, Minggu (13/10/2019).

Dalam acara tersebut dihadiri perwakilan SKPD dari Disparbud DPMD, DPMPT, dan Diskominfo, Ketua Asosiasi Usaha Daya Tarik Wisata (AUDTW) Garut Anton Galuma, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya camat Karangpawitan menuturkan, Linggaratu atau gugusan batu, terletak di sebuah makam yang memperlihatkan banyak hamparan batu besar yang tersusun unik. Kini, makam ini telah hampir berusia 13 abad dan dipercaya sebagai leluhur penduduk bukit linggaratu yang menyebarkan agama Islam yaitu Prabu Kingking.



"Di lokasi ini aktivitas utamanya adalah ziarah, Desa Sindangpalay menggarapnya sebagai Desa Wisata Religi, meski tidak menutup kemungkinan pengembangannya dengan spot-spot lain untuk camping ground, naik gunung atau wisata alam lainnya," ungkap Rena.

Dengan dijadikannya Desa Sindangpalay sebagai desa wisata, Rena berharap, selain menjaga kelestarian budaya, juga desa wisata ini menjadi lokomotif perekonomian masyarakat, sehingga ini berdampak terhadap kemajuan daerahnya.

Ia berjanji desa-desa di Kecamatan Karangpawitan ke depan menjadi desa wisata berbagai jenis, baik wisata religi, edukasi, alam atau wisata kuliner sekalipun. Meski demikian, Rena mengingatkan, desa-desa wisata ini bisa berkembang, kecuali hanya dengan kesiapan masyarakatnya, kareba bila tidak, wisatawan enggan lagi berkunjung lagi, karena sambutan masyarakatnya yang kurang bagus, baik karena tarif mahal, atau sisi keamanan dan kenyamanannya.

“Harus ada dukungan dari masyarakat, bila ingin berkembang,” ujar Rena.



Untuk lebih meningkatkan sadar wisata masyarakatnya, Kecamatan Karangpawitan akan meluncurkan program Bioskop Rakyat, di mana media ini diharapkan menjadi ruang bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dan edukasi kepariwisataan dengan diselingi hiburan.

Sementara itu, menurut Ketua RW 05, Iwan (45), sejak dulu objek wisata Linggaratu kerap dikunjungi wisata domestik, bahkan wisata asing, termasuk para artis Preman Pensiun meski pengelolaannya masih swadaya.

“Mudah-mudahan dengan peresmian desa wiasata ini semakin memotivasi kami untuk menjaga dan memelihara objek wisata kami lebuh baik lagi. Dan meminta Dinas Kominfo dapat membantu mempublikasikan wisata kaki dan potensi lainnya,” pungkas Iwan.



Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT