• Bahasa

Diskominfo Kabupaten Garut Hadiri Kegiatan DemiIndonesia Cerdas Memilih

18 Jan 2024 Hanapi 178

KOTA BANDUNG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Dang Sani, serta Sub Koordinator (Subkor) Kemitraan Informasi Publik, Yanyan Agus Supianto, menghadiri acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih, yang dilaksanakan di Hotel Savoy Homan Bandung, Jalan Asia Afrika Nomor 112, Kota Bandung, Kamis (18/01/2024).

Kegiatan kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) dengan detiknetwork ini, bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat soal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menteri Kominfo RI, Budi Adie Setiadi, menegaskan, bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 harus berjalan dengan damai, sehingga akan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki tugas untuk membangun narasa Pemilu damai 2023, karena hal tersebut menurutnya merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menghadirkan Pemilu yang aman, damai, dan berkualitas.

"Yang penting ada kesadaran bersama dari semua pihak bahwa kualitas demokrasi harus ditingkatkan, begitu pula partisipasi pemilih sehingga akan menumbuhkan kualitas demokrasi itu sendiri," ujar Budi.



Oleh karena itu, Budi mengajak generasi Z yang hadir dalam acara tersebut, agar mampu memilih pemimpin dengan cerdas dan bijak, dan ia juga berharap generasi Z bisa menjadi aktor penting dalam menangkal penyebaran hoaks di media sosial.

"Memilih yang bijak, juga bijak dalam bersuara terutama jempol supaya jempolnya dibijaksanakan sehingga tidak menyebarkan hoaks sebelum membaca dan men-share," ucapnya.

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menilai, bahwa koordinasi antar stakeholders menjadi peran penting guna memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan damai, transparan, adil, dan demokratis.

Apabila itu semua berjalan dengan lancar, Bey meyakini masyarakat akan merasakan pesta demokrasi yang penuh kedamaian.

"Koordinasi ini menjadi kunci utama dalam memastikan jalannya Pemilu 2024 dengan transparan, adil, dan demokratis. Sejumlah langkah telah diambil untuk mencapai tujuan tersebut seperti pengawasan dan penegakan aturan untuk meminimalkan potensi pelanggaran, kecurangan dan ketidakadilan selama proses pemilu," tutur Bey.



Bahkan, guna menyukseskan kontestasi Pemilu tahun ini, imbuh Bey, pihaknya berkolaborasi dengan TNI/Polri, sebagai salah satu pihak yang memiliki peran vital untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi.

"Kami telah berkoordinasi intensif dengan TNI/Polri mengimplementasikan strategi keamanan yang efektif. Deklarasi bersama juga telah dilakukan yang dikenal sebagai Jabar Anteng (Aman, Netral, Tenang) dan Jabar Akur (Aman, Kondusif, Rukun)," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT