• Bahasa

Disparbud Jabar Gelar Usaha Dukungan Keuangan (UDUNAN) Pitch & Match, Pertemukan 34 Pelaku Ekraf Dengan Investor Dan Mitra Strategis

13 May 2023 Admin 337

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Usaha Dukungan Keuangan (UDUNAN) Pitch & Match Tahun 2023 bagi para pelaku ekonomi kreatif yang terpilih mengikuti seleksi tingkat provinsi. Kegiatan ini diselenggarakan di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 11 Mei 2023.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja yang diwakili Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan Berli Hamdani. Ia mengharapkan kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi para peserta dalam mengembangkan usahanya.

“Selamat kepada 34 peserta UDUNAN 2023 yang telah terpilih berdasarkan seleksi di tingkat kota/kabupaten. Kegiatan ini diharapkan banyak memberikan manfaat bagi pelaku ekraf untuk mengembangkan ekosistem usahanya,” ucapnya.

“Jabar ini menjadi wilayah yang kondusif soal izin, termasuk soal ekraf. Dalam rangka memfasilitasi pembiayaan untuk pelaku ekonomi kreatif maka Disparbud Jabar bekerja sama dengan Kreasi Jabar dan menyelenggarakan kegiatan usaha dan keuangan dengan BJB, maka hadirlah UDUNAN ini,” tambahnya.

Senada dengan hal itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI Sugeng Santoso, yang turut hadir langsung juga mengapresiasi terselenggaranya program ini. Ia menilai ekosistem ekraf di Jawa Barat bisa menjadi referensi untuk daerah lainnya.

“Saya dari Kemenkomarves akan berkomunikasi dengan Kemenparekraf karena saya sangat senang ekosistem dari ekonomi kreatif di Jawa Barat menjadi salah satu referensi bagi nasional, salah satunya dengan acara UDUNAN,” tuturnya.



Program UDUNAN 2023 diikuti 277 pelaku ekraf dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Setelah melalui serangkaian seleksi di 17 Kabupaten/Kota, akhirnya terpilih 34 pelaku ekraf untuk mengikuti tahap Pitch & Match di tingkat provinsi dan mempresentasikan produk usahanya. Pitch & Match ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas teknis dan praktis para pelaku ekraf dalam mengembangkan setiap usaha yang digelutinya. “Total 34 peserta terpilih telah mengikuti kegiatan coaching dan mentoring pada tanggal 3-4 Mei 2023 untuk pembekalan kegiatan utama yaitu pitch & match tingkat provinsi. Para pelaku ekraf akan bersaing di hadapan dewan juri dan akan terpilih tiga pemenang, serta berkesempatan dipertemukan kepada investor dan mitra strategis,” ungkap Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar. Dari kegiatan Pitch & Match ini terpilih tiga pemenang yaitu RentalAja Kab. Garut, The Artisan Eatflower Kab. Bandung Barat, dan Sugar Souvenir Kab. Bandung. Selain itu, kegiatan tersebut juga menghasilkan 21 nota ketertarikan dengan mitra investor yang telah terverifikasi, di antaranya MMBC Warrior Bandung, Indonesian Bankers Club, Invst.id, Koaci Investasi, Proxsis Group, dan Synnovac Capital.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT