• Bahasa

Guna Melayani Kebutuhan Masyarakat, Wabup Garut Usulkan Berdiri Kantor Imigrasi di Kabupaten Garut

20 Jul 2022 Hanapi 403

GARUT, Tarogong Kaler – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengusulkan kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, untuk dibangun Kantor Imigrasi di Kabupaten Garut, guna mempermudah kebutuhan masyarakat Garut khususnya terkait pengurusan pasport.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri acara Kedinasan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) serta Pengabdian Masyarakat Taruna di Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Green Patriot Resort, Jalan Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (20/7/2022



“Tentu mudah-mudahan ya sekarang ada pelayanan imigrasi di Garut, senang sekali saya tuh langsung tadi di minta oleh yang mendapatkan pelayanan pak, mun bisa mah di Garut kitu (kalau bisa di Garut) saya usulkan di Kabupaten Garut ada kantor imigrasi,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Garut juga menyambut baik atas kedatangan dari Kemenkumham RI, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM ke Kabupaten Garut. Ia mengungkapkan, kedatangannya ke Kabupaten Garut ini merupakan sebuah kehormatan, kebanggaan, sekaligus kebahagiaan bagi masyarakat Garut yang saat ini sedang dilanda bencana banjir.



dr. Helmi juga mengungkapkan, atas nama masyarakat umum juga merasa bahagia dengan diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyakat melalui bakti sosial, penyuluhan terkait hukum dan HAM, serta pengenalan terhadap siswa-siswi mengenai sekolah dinas ini.

“Tentu sekali lagi apa yang di bawa oleh bapak ibu sekalian itu adalah yang kami butuhkan. Karena bagaimanapun, peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas bagi kami, bagi Kabupaten Garut itu adalah hal yang utama,” ungkapnya.



Sementara itu, Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Asep Kurnia mengatakan pihaknya turut prihatin atas bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Garut. Ia mengungkapkan, setelah dirinya mendapatkan informasi tersebut, ia langsung menyampaikan kepada jajaran Poltekim Kanwil Jawa Barat untuk bersama-sama memberikan bantuan untuk masyarakat Garut.

“Mari kita sama-sama bahu membahu untuk membantu paling tidak satu atau dua tempat saja yang bisa kita berikan bantuan dan alhamdulilah respon dari teman-teman kantor wilayah, juga BPSDM, dan poltekip dan poltekim dengan para taruna alhamdulilah bisa memberikan bantuannya,” ucapnya.



Asep menuturkan, acara hari ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Hari Kementerian Hukum dan Ham yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2022 mendatang. Maka dari itu, ia menyampaikan, pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial salah satunya yang dilakukan di Kabupaten Garut, yang juga merupakan kampung halamannya sendiri.

Ia memaparkan, BPSDM Hukum dan HAM membawahi dua politektik yaitu Politektik Imigrasi (POLTEKIM) dan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (POLTEKIP). Di Poltekim sendiri dipelajari beberapa bahasa diantaranya Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, dan juga Bahasa Arab.



“Jadi bapak ibu sekalian alhamdulilah tentunya kegiatan ini kita laksanakan mudah-mudahan juga memberikan inspirasi terutama kepda adek-adek para lulusan SMA wilayah Garut ini," tandasnya.

Selain itu dalam kegiatan ini juga diselenggarakan kegiatan Kolaborasi Sumber Daya Manusia (SDM) Ber-AKHLAK dengan beberapa kegiatan berupa Pengabdian Kepada Masyarakat, Sosialisasi, dan Pengenalan Sekolah Kedinasan, Layanan Hukum Kepada Masyarakat dan Bhakti Sosial.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT