• Bahasa

Iman Alirahman Mengajukan Pengunduran Diri Sebagai Sekda Garut

11 Jan 2018 Admin 1893

Bupati Garut H. Rudy Gunawan, Senin (8/1/2018), mengumumkan pengusulan pengunduran sekaligus pensiun dini H. Iman Alirahman sebagai PNS dan Sekretaris Daerah Kabupaten Garut.

 

Dihadapan peserta apel gabungan, juga Wakil Bupati Helmi Budiman dan Sekda Iman Alirahman sendiri, bupati menerima surat pengusulan H. Iman Alirahman. Meski demikian proses pengundulan diri saat ini sedang dilakukan mengingat peraturan perundangan yang mengatur. Iman Alirahman sebenarnya akan menghadapi purna bhakti 1,5 tahun lagi. Mengingat hal itu adalah hak pribadi PNS, maka bupati akan memproses pengusulannya ke Presiden RI.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Rudy Gunawan menyebutkan, sebagai satu almamater di perguruan tinggi Universitas Padjadjaran Bandung, ia sangat mengenal sosok Iman Alirahman. Mengabdi sebagai PNS yang direngkuhnya selama 36 tahun, diakuinya sosok Iman telah menunjukkan prestasinya, apalagi selama kepemimpinannya sejak 2014 telah banyak prestasi diraihnya, predikat BPK dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun berturut-turut merupakan bukti nyata peran Iman Alirahman.

 

Terakhir Kabupaten Garut meraih Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 dari Ombudsman RI. Bupati menilai, perjalanan 35 tahun bagi seorang PNS ukan sesuatu yang mudah, apalagi setingkat Iman Alirahman yang telah mencapai puncaknya sebagai PNS dengan golongan tertinggi (IVe) adalah sesuatu yang tidak semua PNS dapat capai, apalagi Iman Alirahman telah mencapai golongan tertinggi satu-satunya di Jawa Barat.

“Pak Iman merupakan sekda yang paling tinggi pangkatnya, mungkin hanya satu di Indonesia seorang sekda yang pangkat dan golongannya mencapai IVe,” ujar Bupati di hadapan peserta apel.

 

Sementara itu, saat didaulat untuk menyampaikan pesan dan kesannya, Iman menceritakan pengalamannya sebagai PNS selama kurun waktu 36 tahun, dan 7 tahun menjadi sekda dan dengan 9 bupati dirasakan cukup nyaman, terlebih saat apalagi dengan kepemimpinan bupati dan wakil bupati saat ini.

 

“Saya pertama ikut apel pagi gabungan 35 tahun yang lalu dengan kondisi perkantoran yang baru, merasakan bagaimana sepak terjang saya sebagai PNS. Hari ini adalah waktu yang mengharuskan saya seperti ini,” ujarnya diplomatis.

 

Pada kesempatan tersebut, usai apel pagi, beberapa peserta secara bergantian bersalaman dengan Iman Alirahman, termasuk dengan bupati dan Wakil bupati yang akan mencalonkan kembali untuk periode kedua.

 

Salah seorang pegawai Diskominfo yang sehari-hari meliput kegiatan pimpinan, Cuncun Sunarya, meminta berfoto bersama berdua. Entah mengapa, ternyata ketika ditelisik, Cuncun memiliki kenangan tersendiri saat Iman Alirahman menjadi Kepala Bagian Humas Setwilda (sekarang Setda) Kabupaten Garut tahun 1989.

 

“Ini pengalaman saya sebagai petugas dokumentasi di bagian Humas bisa berfoto dengan beliau,” ujar Cuncun Sumringah.

 

(Humas Diskominfo),garutkab.go.id

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT