• Bahasa

Kabupaten Garut Jadi Salah Satu Lokasi Pelaksanaan Panen Cabai Serentak

20 Dec 2023 Hanapi 424

GARUT, Cikajang- Kabupaten Garut jadi salah satu lokasi pelaksanaan Panen Cabai Serentak sebagai tindaklanjut dari High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dihadiri oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pada tanggal 29 November 2023 lalu. Sehingga acara ini diikuti secara daring oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan beberapa provinsi lain yang menjadi tamu undangan dalam acara ini.

Pelaksanaan panen cabai serentak di Provinsi Jawa Barat sendiri dipusatkan di Kebun Edukasi Eptilu, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu (20/12/2023), dan diikuti secara daring oleh 6 daerah lainnya seperti Kabupaten Cianjur, Ciamis, Majalengka, Bandung, Kuningan, dan Sukabumi.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang), Dodo Suhendar, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat, Yuke Mauliani Septina, Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, dan tamu undangan yang lainnya.



Wabup Garut menyampaikan jika kegiatan ini digelar dalam rangka pengendalian inflasi, terlebih kata Helmi, salah satu penyebab inflasi itu adalah cabai. Harga cabai sendiri, imbuh Helmi, saat ini di pasaran berkisar di harga Rp60.000.

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut merupakan salah satu produsen cabai terbesar di Jawa Barat, sehingga ia berharap adanya panen cabai di Kabupaten Garut bisa memenuhi kebutuhan cabai nasional dan memberikan kontribusi dalam penanganan inflasi di Jawa Barat pada khususnya, dan di Indonesia pada umumnya.

"Ya mudah-mudahan (dengan acara panen serentak ini) menurunkan harga cabe tapi juga tidak merugikan petani ya, kita ingin petani kita juga tetap untung, yang kesananya ya pengendalian inflasi, jadi masyarakat terjangkau bukan hanya cabe terus juga bahan makanan pokok yang lain (bisa) murah ya," ujar dr. Helmi.



Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekbang, Dodo Suhendar, menuturkan hal yang Sama dengan Wakil Bupati Garut, di mana ia mengatakan jika cabai merupakan salah satu komponen penyumbang inflasi.

Berdasarkan laporan dari berbagai daerah di Jawa Barat yang melakukan panen serentak, kata Dodo, harga cabai di petani berkisar di angka Rp40.000-Rp70.000 tergantung dengan jenis cabai yang dijual.

Adapun tujuan dari adanya panen serentak ini, Dodo mengungkapkan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, dalam hal ini Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, ingin melihat bahwa komoditas penyumbang inflasi khususnya cabai di Jawa Barat bisa terkendali dan harganya turun.



"Oleh karena itu, di musim panen ini, perlu diinformasikan ke masyarakat, bahwa jangan khawatir cabe ini sekarang sudah mulai panen, jadi tidak perlu sampai istilahnya belanja yang banyak kekhawatiran karena kurang cabe, sekarang cabe sudah mulai panen," ucapnya.

Dodo memaparkan jika dalam panen serentak hari ini yang dilaksanakan di 7 kabupaten di Provinsi Jawa Barat, rata-rata lahan yang dipanen seluas 2-4 hektare. Meski demikian, imbuh Dodo, potensi panen di Bulan Desember ini bisa mencapai 2000 hektare, dan tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat.

"Jadi kalau total itu lebih dari 2000 hektare ya yang akan panen, jadi bayangkan berarti kan ini siap, tapi tentunya sebagai tempat produksi cabe, itu bukan hanya untuk masyarakat Jawa Barat, tapi juga ada yang ke DKI, ada ke daerah yang lain. Nah oleh karena itu, jangan sampai kita sebagai produsen cabe, malah harga kita mahal dibandingkan di tempat yang lain," tandasnya.

Setelah melaksanakan panen cabai di Kebun Edukasi Eptilu, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Gelar Pangan Murah (GPM) yang masih berlokasi di area Kebun Edukasi Eptilu, dan juga melakukan kunjungan ke Pasar Cisurupan, Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT