• Bahasa

Kabupaten Garut Miliki Potensi Besar Budidaya Ikan Koi

15 Jul 2022 Hanapi 822

KABUPATEN BLITAR - Kabupaten Garut dipandang memiliki potensi tersendiri dalam.oembudidayaan ikan koi, karena  memiliki air yang bersumber di gunung berapi.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dalam rangkaian kegiatan studi tiru budidaya, manajemen, hingga pemasaran ikan koi ke Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mulyasari Bendosari, yang berlokasi di Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jum'at (15/7/2022).

"Karena tadi saran dari sini ya itu air yang bagusnya itu adalah air yang ada gunung berapinya, nah Garut inikan di sekelilingnya gunung berapi, mau Papandayan itu ke Bayonbong, yang Tarogongkan dari Gunung Guntur, ada yang dari Gunung Talaga Bodas ya, jadi hampir semua Kabupaten Garut itu, itu adalah airnya pegunungan gunung berapi," ucap Helmi didampingi Kepala Diskanak Kabupaten Garut, Sofyan Yani.



Meskipun saat ini Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah pembudidaya ikan koi yang cukup banyak dan besar di Jawa Barat, Namun, menurutnya, pihaknya masih harus terus belajar ke Kabupaten Blitar ini.

"(Jumlah kelompok budidaya ikan koi) setahu saya itu kalau dibandingkan dengan kabupaten lain di Jawa Barat, ya kita insya Allah lah kita yang paling banyak paling besar ya, tapi kalau dibandingkan dengan Blitar kita harus masih belajar, masih haru belajar bagaimana meningkatkan lagi petani-petani (atau) perternak-perternak ikan kita biar lebih bersemangat, karena lahan yang kita miliki cukup," ungkapnya.

Untuk itu, imbuh Wabup Garut, alasan pihaknya memilih Kabupaten Blitar, karena berdasarkan penilaiannya Blitar ini merupakan salah satu daerah yang memiliki keunggulan di bidang budidaya ikan koi.



"Koi ini kan ini (unggulan)nya Blitar gitu ya, kalo kitakan ada domba (seperti) Domba Garut, kalo bicara koi kita berarti (bicara) Blitar," ujar Wabup Garut.

Ia menuturkan banyak hal yang ia pelajari dari studi tiru ini, karena masyarakatnya sudah paham terkait proses _breeding_ pembesaran, sampai penyortiran ikan yang berkualitas, sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang sangat luar biasa.

"Nah, di Kabupaten Garut bukan tidak ada (pembudidaya ikan koi), banyak juga di kita tapi dikita banyaknya adalah dibreedingnya," katanya.



Wabup menuturkan,  melalui  studi tiru ini sejalan dengan rencana Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang menginginkan adanya ekspor terkait dengan ikan koi ini.

"Nah yang diperlukan untuk itu yang kita bisa pelajari dari sini adalah di sini sudah punya laboratorium, (untuk memeriksa) penyakit koi, terutama Herves, karena ini harus bebas Herves kalo kita mau ekspor," tutur Wabup Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT