• Bahasa

Kabupaten Garut Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data Dari BPS

6 Dec 2023 Hanapi 463

GARUT, Tarogong Kidul - Pemerintah Kabupaten Garut meraih Penghargaan Anindhita Wistara Data dengan predikat Baik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam acara Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Sudirman, Jakarta, Senin (04/12/23).

Margiyanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, menyampaikan kebahagiannya terkait prestasi ini.

"Pada hari Senin kemarin, kita menerima penghargaan Anindita Wistara Data sebagai bentuk apresiasi kepada daerah dari Badan Pusat Statistik terhadap kinerja pengelolaan data sektoral yang dilaksanakan oleh daerah," ujarnya di kantornya, Rabu (6/12/2023).



Penghargaan Anindhita Wistara Data adalah bentuk apresiasi BPS terhadap komitmen dan capaian Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral. Kabupaten Garut, bersama 28 kabupaten/kota se-Indonesia, meraih penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik 2,84 (Baik) Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) 2023.

Margiyanto menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan, termasuk penguatan forum data dan peran Diskominfo sebagai wali data untuk meningkatkan efektivitas input data. Ia berharap indeks EPPS Pemkab Garut tahun depan dapat meningkat dari nilai 2,84 yang didapatkan tahun ini.

"Terutama yang berhubungan dengan data-data yang memang data-data sektoral yang sudah ditetapkan oleh Badan Pusat Statistik dan upaya kita ini didukung penuh oleh Kantor Statistik Kabupaten Garut sebagai bagian bentuk sinergitas kita dalam konteks pengelolaan data di tingkat daerah," ungkapnya.



Margiyanto berharap ke depan indeks EPPS Pemkab Garut tahun depan bisa naik, di mana nilai untuk tahun ini sendiri berada di angka 2.84 dengan predikat "Baik".

"Tahun depan kita berharap mudah-mudahan kita bisa mencapai di angka 3 poin, ini tentu harus menjadi motivasi bagi kita semua bahwa apapun yang kita kerjakan hari ini pasti memberikan dampak positif atau negatif," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT