• Bahasa

Menpora Resmikan Pusat Pelatihan Aerosport ‘Haruman Jingga’

19 Dec 2019 Hanapi 3059

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meresmikan venue pusat pelatihan Aerosport ‘Haruman Jingga’, Bukit Nangkod, Gunung Haruman, Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Peresmian ditandai dengan menombol sirine antara Menpora bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Bupati Garut H. Rudy Gunawan.

Hadir dalam kesempatan ini Komandan Korpaskhas TNI Marsekal Muda Eris Widodo, dan sejumlah pejabat lainnya. Sebelumnya, rombongan memotong pita ketika memasuki kawasan pusat pelatihan aerosport. Lalu Menpora menandatangani prasasti serta menyerahkan piagam penghargaan kepada pelatih paralayang dan gantole.

Mengawali sambutannya Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Menpora Zaenudin Amali dan KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna beserta jajaran TNI Angkatan Udara terutama Pasukan Khas TNI AU, yang telah membuka akses jalan untuk masyarakat kabupaten Garut.

”Saya terkejut setelah mendengar laporan dari camat, bahwa ada sesuatu langkah besar yang dilakukan oleh Paskhas TNI AU. Dulu masyarakat ingin ada jalan ini sejak tahun 60-an. Hanya dalam waktu satu setengah bulan, tanpa meminta bantuan dan alat ke Pemkab Garut, sudah dapat dilaksanakan seperti ini. Tentu ini menjadi satu kebahagian bagi warga leuwigoong dan kadungora, karena dengan adanya ini dapat menggerakan ekonomi masyarakat dengan cepat, masyarakat juga gembira dengan adanya pusat latihan Aerosport ini” kata Bupati Garut.

Selanjutnya sambung Bupati Rudy, sebagai bentuk penghormatan Pemkab Garut terhadap TNI AU yang telah merintis akses jalan ini, Pemkab Garut akan melanjutkan dengan meready mix atau Hotmix jalan sepanjang 4,1 Km .


”Dalam waktu dekat, kita akan menarik air untuk penyediaan air disini, karena di sini belum tersedia air bersih, dan tentu akan kita beli kebutuhan tanah untuk Landing seluas 3 Ha,” papar Bupati Rudy.

Diakhir sambutanya, Bupati Garut mengungkapkan kebanggaannya untuk area pusat latihan ini dinamakan 'Haruman Jingga'.

”Kenapa kita bangga dengan menggunakan kata Jingga dibelakangnya, karena jingga disini merupakan pasukan kebanggaan dan kehormatan yang dimiliki oleh Pasukan TNI AU, atas nama Pemkab Garut saya kembali mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang telah mengembangkan wilayah desa Haruman Sari menjadi pusat pelatihan Aerosport di kabupaten Garut,” ucapnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali, sangat bangga atas dibangunnya lokasi latihan olahraga dirgantara ini. Pemerintah, lanjutnya, sangat mengapresiasi dan berharap venue latihan ini bisa digunakan sebaik mungkin.

“Terima kasih, sangat bersyukur dan tentunya bangga atas dibangunnya pusat pelatihan aerosport ini. Juga, sangat bangga kepada masyarakat yang telah ikhlas memberikan tanahnya tanpa ganti rugi seperti yang dilaporkan tadi, ini merupakan tujuan yang mulia, menuju latihan aerosport,” kata Menpora.

Lebih lanjut, Menpora sepakat dengan Marsekal Yuyu untuk mengembangkan olahraga dirgantara ini. Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang memiliki pemandangan alam yang bagus tidak boleh kalah dengan negara lain untuk memajukan olahraga dan pariwisata.


“Saya setuju dengan Pak Yuyu untuk mengembangkan olahraga ini. Kita dorong secara bersama-sama dan saya harap ini bisa menjadi andalan. Berbangga lah masyarakat Garut yang punya area ini. Saya ingin ini lokasi dipelihara dengan baik, jaga sebaik mungkin dan buatlah senyaman mungkin jika ada tamu yang datang,” jelas Menpora.

Sementara itu, Marsekal Yuyu Sutisna juga mengharapkan yang sama. Pihaknya akan terus membina olahraga dirgantara. “Tak hanya jadi venue olahraga, lokasi ini akan dijadikan edukasi juga. Kita nantinya akan berkerja sama dengan pihak terkait, saya komitmen untuk meningkatkan olahraga ini. Semoga ini bisa menjadi tempat yang kita banggakan,” katanya.

Sementara, KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengungkapkan, terpilihnya Haruman Sari menjadi spot untuk pusat pelatihan Aerosport dengan pertimbangan melihat kondisi angin yang relatif stabil.

”Maka kami setuju Harumansari dikembangkan sebagai pusat pelatihan Aerosport dengan nama Haruman Jingga” tutur Marsekal TNI Yuyu Sutisna.



Masih kata Marsekal Yuyu Sutisna, selain sebagai KASAU, dirinya merupakan ketua Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI), sehingga menjadi satu tugas baru untuk membina olahraga kedirgantaraan di Indonesia. Kami terus membangun pusat–pusat latihan Aerosport di seluruh Indonesia bukan hanya di Garut saja, selain sebagai pusat olahraga dirgantara, pihaknya berharap tempat ini bukan saja hanya untuk olahraga saja.

”Tetapi bisa dipadukan dengan tempat wisata daerah yang nantinya dapat menunjang perekonomian masyarakat di sisi, untuk itu selain landasan untuk terbang, kita membangun juga bumi perkemahan sehingga bisa membangun pariwisata di daerah untuk kesejahteraan masyarakat, TNI AU siap mendorong dan membantu masyarakat disini,” tegasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT