• Bahasa

Mensos Juliari Tinjau Penyaluran BTS di Kabupaten Garut

19 Jun 2020 Hanapi 1134

Masyarakat di Desa Mekersari Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BTS) sebesar Rp 600 ribu disalurkan langsung Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Pemberian bantuan secara simbolis diberikan oleh Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara di Kantor Pos Bayongbong, Kabupaten Garut, Jumat (19/06/2020).

Mensos Juliari mengatakan, di kabupaten Garut sebanyak 60.453 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BTS dengan nilai bantuan Rp107.695.200.000.

Setiap KPM akan mendapat BTS senilai Rp600 ribu selama tiga tahap hingga Juni, namun BTS ini akan terus berlanjut hingga Desember dengan nilai bantuan sebesar Rp300 ribu.



“Mulai bulan Juli sampai Desember akan tetap ada penyaluran BTS. Hanya nilainya dikurangi dari Rp 600 ribu menjadi Rp 300 ribu per KPM,” ujar Mensos Juliari.

Mensos Juliari menambahkan, bantuan stimulus dari pemerintah pusat akan diarahkan ke program lain. Tak hanya untuk perlindungan sosial. Anggaran yang ada akan dipakai seperti pemulihan ekonomi untuk UMKM, insentif perpajakan dan lainnya.

"Pengurangan besaran BTS setelah PSBB mulai dilonggarkan jadi masyarakat perlahan bisa kembali beraktivitas dan bisa kerja punya uang lagi. BLT dan bantuan lain hanya untuk tambahan,” katanya.

Mensos Juliari berharap dengan masuk ke fase New Normal, masyarakat bisa kembali bekerja. Hal itu jadi pertimbangan pemerintah mengurangi jumlah BTS.



Mensos juga mengapresiasi kesiapan dan kerja sama petugas PT POS, BNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memfasilitasi penyaluran BTS.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran distribusi bansos," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Juliari juga meninjau kios warung KUBE Berkah Juang dilokasi yang sama. Warung KUBE sendiri melayani transaksi bansos pangan dan pembayaran non tunai lainnya diantaranya pemebelian pulsa, tiket pesawat dan tiket kereta api.

Usai acara dilokasi pertama, Mensos Juliari bersama rombongan menijau kegiatan yang sama di kantor desa Neglasari, kecamatan BL. Limbangan didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Dirut PT Pos Indonesia Wahyu Setijono, Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah dan Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto.


Sementara itu, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengharapkan, dengan kedatangan Menteri Sosial RI akan memberikan banyak kebahagiaan dan keberkahan bagi warganya. Helmi juga berharap kedepannya Kabupaten Garut akan lebih normal lagi pasca wabah covid-19.

Senada dengan Wakil Bupati, Wagub Uu Ruzhanul Ulum megungkapkan, kehadiran Mensos membawa keberkahan bagi warga Jawa Barat, khususnya masyarakat Kabupaten Garut melalui BST dan program yang akan diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Lepas dari Garut Mensos Juliari melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya juga untuk mengecek distribusi BST.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT