• Bahasa

Panorama Pantai Sayangheulang Karya Andreas Suwardy Masuk POTY Di Platform Foto Dunia

28 Apr 2023 Hanapi 395

GARUT, Garut Kota - Keindahan alam Garut tak perlu diragukan lagi, panorama indah kota berjuluk Swiss Van Java ini akan lebih ciamik ketika diambil melalui tangkapan lensa seorang fotografer, sehingga keindahan alam Garut selalu menjadi incaran pecinta fotografi.

Tidak terkecuali, salah satu potret alam Garut yaitu panorama Pantai Sayangheulang, karya Andreas Suwardy, menjadi salah satu Photo of The Year (POTY) di salah satu platform foto dunia yang berbasis di Iran yaitu Photo World International.

Andreas Suwardy, Jum'at (28/04/2023), bercerita, jika sebelumnya dirinya selalu melakukan hunting foto bersama dengan teman satu hobinya, salah satunya bersama dengan Indonesia Geographic (IGEO) Photography Community. Ketika ada foto yang dirasa memiliki kualitas yang bagus, dirinya kerap mengikutsertakan foto hasil karyanya untuk dikompetisikan secara online di berbagai platform kompetisi lokal maupun internasional.

"Foto Sayangheulang ini pun saya ikutkan, dan Puji Tuhan bisa masuk di beberapa platform sebagai Photo of the Day, Photo of the Week dan Photo of the Month," ujar Ko Andre - panggilan akrabnya.



Namun di luar dugaan, imbuhnya, di tanggal ulang tahunnya hari ini, 28 April 2023, dirinya mendapat notifikasi di Platform Photo World International yang berbasis di Iran,  karya fotonya masuk sebagai salah satu Photo of the Year-nya mereka.

Ia mengaku senang dan bangga atas penghargaan yang diberikan kepada karyanya ini, terlebih dirinya bersaing dengan peserta dari seluruh dunia, dan sangat sulit untuk menembus kategori Photo of The Year ini.

Menurutnya, foto Pantai Sayangheulang ini diambil dengan menggunakan Kamera Fujifilm X-H1 dengan lensa Fujinon XF 10-24mm dan NiSI Filter, dengan menggunakan tripod, dengan alasan karena dia mengambil exposure selama 1 detik untuk menghasilkan efek air laut yang nampak unik di fotonya, tidak terlalu halus seperti kapas tapi masih memperlihatkan arusnya.

"Settingan yang saya gunakan adalah ISO 100, bukaan Diafragma 11, shutter speed 1 detik, dan saya kombinasikan dengan penggunaan 3 NiSI Filter yaitu Filter CPL, Filter GND Soft, dan Filter GND Reverse 0,9," ungkapnya.

Ia menerangkan, jika keindahan alam Garut sudah diakui oleh kalangan pecinta fotografi, bahkan khususnya untuk komunitas IGEO sudah beberapa kali datang ke Garut untuk mengabadikan keindahan alam Garut ini.



Pada tanggal 12-14 Jumi 2022 saja, lanjut Andreas, IGEO kembali mengunjungi Kabupaten Garut khusus untuk memotret di daerah pantai Kabupaten Garut bagian selatan, mulai dari Sayangheulang, Santolo, Karangtepas, hingga Cicalobak.

Sehingga ia mengajak pecinta fotografi untuk datang ke Kabupaten Garut, dan mengabadikan panorama indah yang dimiliki kota berjuluk kota intan ini.

"Buat para pecinta fotografi mari kunjungi Kabupaten Garut, tempat terlengkap buat pecinta keindahan alam," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT