• Bahasa

Pasca Bencana Gempa Bumi, Wabup Garut : Secara Umum Untuk Garut Tengah Dan Garut Utara Dapat Dikatakan Aman

5 Dec 2022 Hanapi 196

GARUT, Selaawi - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melakukan peninjauan secara langsung ke Kampung Lembur Tengah, Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, pasca bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Garut, Sabtu kemarin.

Wabup Garut menyampaikan, setelah dilakukan pemantauan langsung di beberapa tempat di Kabupaten Garut, di Kecamatan Selaawi lah satu-satunya tempat di mana terdapat masyarakat yang terluka akibat terjadinya gempa bumi.

"Di sini ada luka memang sekitar 3 cm, kemudian sudah kita obati di Puskesmas di jahit, dan Alhamdulillah hanya dirawat beberapa jam di Puskesmas karena sudah tidak terasa apa-apa," ucapnya, Minggu (4/12/2022).



dr. Helmi juga mengatakan, pada saat gempa terjadi, atap salah satu rumah warga yang telah rapuh jatuh dan menimpa warung, sehingga atap warung yang terbuat dari asbes menimpa kepala korban. Ia memaparkan, kejadian ini menjadi catatan bagi pihaknya untuk melakukan perbaikan terhadap rumah warga yang terdampak gempa.

"Jadi secara umum secara keseluruhan, untuk Garut tengah dan Garut utara dpaat dikatakan aman, kecuali titik yang di sini, dan Alhamdulillah kita sudah tanggulangi dan mudah-mudahan juga tidak lagi atau tidak ada laporan atau pantauan yang menambah korban ataupun bangunan yang rusak," ujarnya.



Terakhir ia mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi. Selain itu, Wabup Garut menyimpulkan, bahwa dalam bencana gempa bumi di Kabupaten Garut ini tidak terdapat korban jiwa, namun terdapat dua orang warga yang luka ringan. Sementara itu, imbuh Helmi, untuk kerusakan sendiri terdapat kerusakan ringan ke sedang, pada bangunan yang tersebar di 8 kecamatan.

"Jadi mudah-mudahan tidak bertambah lagi baik korban ataupun bangunan yang rusak, kami  berdoa dari semua warga masyarakat agar bencana gempa ini tidak berakibat yang mengkhawatirkan yang negatif terhadap kehidupan masyarakat Kabupaten Garut," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT