• Bahasa

Pemkab Garut Akan Lakukan Vaksinasi Polio Massal

30 Mar 2023 Hanapi 305

GARUT, Garut Kota - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melakukan vaksinasi polio massal bagi balita usia 0-59 bulan se-Kabupaten Garut. Guna menyukseskannya, Pemkab menyiapkan 6.000 Titik Pos PIN tersebar di wilayah Kabupaten Garut.

"Jadi ini adalah gerakan kemanusiaan dan tentu ini bukan merupakan hal yang sulit, ini adalah gerakan yang bisa dilakukan secara organik, tetapi dilakukan secara serentak dan juga dukungan dari berbagai pihak," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam arahannya ketika memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kabupaten Garut melalui zoom meeting di Gedung Command Center Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (30/3/2023).



Bupati Garut juga akan mengeluarkan instruksi yang ditujukan kepada para camat,  kepala Puskesmas, lurah dan para kepala desa untuk menyelenggarakan Pos PIN dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyakit Polio di Kabupaten Garut.

"Nah saya berharap ya ini serius saya juga akan memantau terus ya, ini dipimpin nanti langsung oleh Pak Sekda yang melaksanakan kegiatan di lapangan, jadi meskipun kita puasa bapak ibu sekalian terutama para kepala desa secara struktural bisa juga melakukan perintah ke bawah sampai ke tingkat RT hal yang berhubungan dengan ini," ucapnya.



Rudy juga memaparkan, di hari Senin (3/4/2023) nanti pihaknya akan mendeklarasikan pelaksanaan Pos PIN di 6.000 titik untuk pelaksanaan vaksinasi Polio di Kabupaten Garut.

"Tentu ini adalah penting ya saya kepada Kepala Puskesmas sebagai yang bertanggung jawab, karena semua hal yang berhubungan dengan vaksinnya itu ada di Puskesmas, jadi mohon nanti berkoordinasi dengan Pak Camat ya, dan saya akan pantau siapa camat tidak memberikan perhatian khusus terhadap masalah yang penting dan kemanusiaan ini ya, kita akan coba kita evaluasi dan saya akan melakukan langkah-langkah yang lebih konkret ya demi masyarakat Garut," tegas Rudy.



Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, dr. Maskut Farid, menuturkan, jika di Kabupaten Garut tidak ditemukan kasus Polio. Adapun di Jawa Barat sendiri, imbuh dr. Maskut, kasus Polio ditemukan di Purwakarta.

Berdasarkan instruksi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, Maskut menyatakan jika status Kejadian Luar Biasa (KLB)-nya ini hanya di tingkat provinsi saja, sehingga pelaksanaan Vaksinasi Polio kemungkinan akan dilaksanakan di seluruh daerah di Provinsi Jawa Barat.



Untuk itu, pihaknya kini sudah siapkan semuanya, guna mencegah kasus polio di daerahnya.

"Kita sudah siapkan semuanya dan sekarang ini karena produksi baru ini tidak lama maksudnya teknologi baru, kemarin katanya insya Allah vaksinnya lebih aman, jadi ini untuk menjaga jangan sampai di Garut ini ada polio, karena dengan 1 polio berarti ada (yang) lumpuh dan juga nanti selamanya dan sampai dewasa juga lumpuh," tutur dr. Maskut.

Adapun pelaksanaan imunisasi ini, lanjut Kadinkes Garut, akan dilakukan 2 putaran di mana putaran ke-1 akan dilaksanakan tanggal 3-11 April 2023 dan putaran ke-2 akan dilaksanakan 15-22 Mei 2023. Untuk itu  masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan waktu untuk vaksinasi Polio ini, guna mencegah terjadinya Polio pada balita yang ada di Kabupaten Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT