• Bahasa

Pemkab Garut Apresiasi Diluncurkannya Kampung Wisata Restorative Justice di Kabupaten Garut

16 Mar 2022 Hanapi 647

GARUT, Samarang - Pemerintah Kabuoaten Garut memberikan apresiasi  dengan diresmikannya Kampung Wisata Restorative Justice di Kabupaten Garut. Bupati Garut, Rudy Gunawan, berterimakasih kepada Kejaksanaan Agung Republik Indonesia, di daerahnya lahir Kampung Wisata Restorative Justice

Bupati  Rudy memaparkan, angka kemiskinan di Kabupaten Garut meningkat dari 8% menjadi 10% dampak adanya pandemi Covid-19, sehingga memungkinkan adanya tindak pidana di masyarakat.



"Banyak tindak pidana yang dilakukan karena kemiskinan, tentu dengan adanya suatu upaya mendamaikan antara korban dan juga pelaku ini juga merupakan bagian yang mendapatkan apresiasi di seluruh masyarakat," kata Rudy saat menghadiri acara Launching Kampung Wisata Restorative Justice oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang dilaksanakan di Kampung Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Rabu (16/3/2022). Acara ini dibuka oleh Jaksa Agung Republik Indonesia, Burhanuddin secara virtual melalui aplikasi video telekonferensi.



Rudy juga berterimakasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Garut, Neva Sari Susanti yang telah banyak berkontribusi dan bersahabat dengan 421 kepala desa di Kabupaten Garut.

"Beliau melakukan langkah-langkah konkret membina bagaimana pelaksanaan pemerintah desa, yang sekarang kami mendapatkan anggaran desa hampir 600 miliar ini dengan Jaksa Perdata dan Tata Usaha Negara-nya sudah berjalan," ucapnya.



Rudy berharap, melalui  Kampung Wisata _Restorative Justice_ masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan tentang hukum.

"Tentu ini sangat membantu sekali, semoga kejaksaan ini makin keterima di masyarakat. Dan sekarang di Garut ini posisi kejaksaan sudah sangat familiar di tingkat desa, di masyarakat desa" ujarnya.



Sementara itu, Kajari Garut, Neva Sari Susanti, memaparkan, Kampung Wisata Restorative Justice tidak hanya memberikan perhatian untuk Desa Sukalaksana saja, akan tetapi juga untuk desa wisata lainnya.

"Kita juga mengharapkan setiap wisatawan atau tamu yang hadir ke Kampung Wisata Ciburial ini mengetahui persis tentang bagaimana Restorative Justice, bagaimana hukum itu, bagaimana perdamaian itu," kata Neva.



Di Kampung Wisata Restorative Justice ini, imbuh Kajari Garut , ada beberapa paket wisata yang ditawarkan salah satunya yaitu paket ketangkasan.

"Jadi paketnya tidak hanya mereka bersenang senang tetapi ada edukasi terkait bagaimana Restorative Justice itu. Contoh misalnya tadi kita sudah coba bersama, terkait misalnya paket ketangkasan," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT