• Bahasa

Pemkab Garut Berikan Bantuan Kaki Dan Tangan Palsu Bagi Penyandang Disabilitas

18 Feb 2023 Hanapi 325

GARUT, Tarogong Kidul - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Sosial Kabupaten Garut bekerja sama dengan LDS Charity memberikan bantuan berupa kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas, yang diawali dengan kegiatan pengukuran kaki dan tangan palsu, di Gedung Sosial Center Dinas Sosial Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (17/2/2023). Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Bupati Rudy Gunawan, dalam kesempatan ini turut memberi semangat dan motivasi kepada para penyandang disabilitas. Ia mengungkapkan, bahwa bantuan pemasangan kaki dan tangan palsu merupakan kewajiban pemerintah untuk membantu para penyandang disabilitas.



Bantuan tersebut, imbuhnya, dapat terwujud karena adanya bantuan dari donatur dari berbagai lembaga salah satunya LDS Charity. Ia berharap, para penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan bisa menggunakan bantuan berupa kaki dan tangan palsu tersebut dengan baik.

"Pokoknya bapak-ibu sekalian bahwa ini adalah kemanusian bersifat universal, nah ini mohon nanti setelah diukur bapak ibu bisa menggunakannya dengan baik, saya selaku Bupati Garut memberikan empati yang luar biasa terhadap ini," ujarnya.



Bupati berharap para penyandang disabilitas bisa memiliki akses BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), karena jika masyarakat penyandang disabilitas telah memiliki BPJS maka jaminan kesehatannya dapat terlindungi oleh pemerintah. Ia mengatakan, pihaknya akan segera memprioritaskan para penyandang disabilitas agar segera mendapatkan kartu BPJS.

"Kalau yang belum, bapak nanti oleh kita bisa diprioritaskan untuk mendapatkan BPJS yang bersumber dari PBI, ini pak Anjas ya diprioritaskan, dan Dinas Sosial juga memprioritaskan," jelasnya.



Bupati juga mengucapkan terima kasihnya kepada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang telah memberikan dukungannya dalam kegiatan pengukuran kaki dan tangan palsu bagi penyandang disabilitas tersebut.

"Semoga ini menjadi ladang kita mendapatkan surganya Allah Subhanahu Wa Ta'ala," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji mengungkapkan, saat ini di Kabupaten Garut terdapat 11 ribu difabel dengan beragam kondisi, mulai dari disabilitas kecerdasan, kecacatan, baik karena penyakit dan ada juga karena kecelakaan.



Aji menjelaskan, sebelumnya pihaknya juga melakukan pengukuran dan pemasangan kaki dan tangan palsu sebanyak 137. Ia berharap, jumlah bantuan ke depannya dapat lebih meningkat lagi.

"Mudah-mudahan nanti bulan berikutnya lebih meningkat lagi pak, jadi kami target bisa menolong orang yang disabilitas supaya bisa hidup normal lagi pak," ungkapnya.



Sesuai dengan arahan Bupati Garut, Ia mengungkapkan, masyarakat yang disabilitas harus terdaftar ke BPJS, sehingga ketika melakukan pengobatan tidak mengalami kesulitan dari sisi biaya, karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

"Itu upaya kami ke depan dan untuk disabilitas, kami juga memikirkan bagaimana nanti kehidupan perekonomiannya, mudah-mudahan kami akan mengajukan ke Kementerian Sosial pak," ucapnya.

Pihaknya akan melakukan pencatatan bagi penyandang disabilitas yang belum tercatat dalam data. Aji menyebutkan, bantuan kaki palsu sendiri memiliki nilai seharga 3,5 juta, di mana pemasangan akan dilakukan sebulan setelah dilakukan pengukuran.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT