• Bahasa

Pemkab Garut Berkolaborasi Dengan TNI Ajak Ormas dan LSM Ikut Mendukung Pembangunan di Kabupaten Garut

10 Dec 2021 Hanapi 942

GARUT, Cisurupan - Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka kegiatan Peningkatan Peran Fungsi Ormas (Organisasi Masyarakat)/ LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di Kabupaten Garut dengan tema “Peran Ormas/LSM Dalam Mendukung Pembangunan Kabupaten Garut”, di Aula Yonif 303/SSM, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jum’at (10/12/2021).

Acara yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Garut ini, bekerja sama dengan Yonif 303/SSM, dihadiri Komandan Batalyon (Danyon) Raider 303/SSM, Letkol Inf. Muhammad Sujoko, dan 100 peserta perwakilan Ormas/ LSM yang ada di Kabupaten Garut.



Bupati Garut dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini sebagai  komitmen awal yang harus dimiliki oleh Ormas/LSM di Kabupaten Garut, karena keberadaannya dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 yang kemudian diperbaharui dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017.

“Tentu saya berharap ini merupakan kegiatan yang dapat dimaknai sebagai dialog antar pemerintah daerah, sebagai penyelenggara tatanan pemerintahan dan saudara-saudara yang mempunyai satu kehendak dalam bentuk NGO atau badan Lembaga Swadaya Masyarakat ikut membangun di daerahnya masing-masing,” kata Rudy Gunawan.



Berdasarkan peran fungsinya, Ormas/LSM khususnya yang ada di Kabupaten Garut harus memegang teguh terhadap 4 pilar kebangsaan dalam melaksanakan kegiatannya.

“Oleh sebab itu, karena diatur oleh undang-undang untuk menjadi  lembaga swadaya masyarakat haruslah mengikuti aturan undang-undang yang utama adalah kita dikomitmen falsafahnya adalah sama Pancasila, Undang-Undang  Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI itu 4 pilar kebangsaan yang harus menjadi bagian dasar dari anggaran dasar saudara selaku lembaga swadaya masyarakat,” ujarnya.



Sementara itu, Plt. Kesbangpol Kabupaten Garut, Yatie Rohayati menyampaikan dengan kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman terkait peran dan fungsi Ormas/LSM yang ada di Kabupaten Garut.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah diharapkan Ormas (serta) LSM, lebih memahami peran dan fungsinya dalam melakukan advokasi pendampingan di Kabupaten Garut,” katanya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT