• Bahasa

Pemkab Garut Dan BAZNAS RI Sepakat Bangun Rumah Sehat Di Bungbulang

22 Dec 2023 Hanapi 219

JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia. Kunjungan ini bertujuan membahas rencana kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Garut dan BAZNAS RI terkait pembangunan Rumah Sehat BAZNAS di Kabupaten Garut. Sekda bersama Ketua BAZNAS Kabupaten Garut, Abdullah Effendi, beserta rombongan diterima langsung Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan,di kantornya, Jalan Matraman Raya Nomor 134, Jakarta, Jum'at (22/12/2023).

Sekda Nurdin Yana menyampaikan harapannya agar kerja sama ini dapat ditindaklanjuti secara nyata. Rizaludin Kurniawan, yang mewakili pimpinan BAZNAS RI, menyambut baik terhadap rencana tersebut.

Menurut Nurdin Yana, Pemkab Garut akan menyediakan lahan untuk pembangunan Rumah Sehat BAZNAS di Kecamatan Bungbulang. Pembangunan akan dilakukan oleh BAZNAS RI, dan rumah sehat tersebut akan setaraf dengan poliklinik pratama.



"Kita berharap ini mudah-mudahan tujuan baik kita untuk menyerahkan tanah ke BAZNAS yang akan dijadikan rumah bersalin itu, kemudian dapat ditindaklanjuti secara nyata, sehingga apa yang kita targetkan yaitu terwujudnya Rumah Sehat di Bungbulang itu dapat dilaksanakan," ujar Nurdin, didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Garut, Abdullah Effendi.

Nurdin menjelaskan, pihak Pemkab Garut hanya menyediakan lahan yang nantinya dihibahkan ke BAZNAS RI, termasuk proses pembangunan akan dilakukan oleh pihak BAZNAS RI.

Rumah Sehat BAZNAS ini nantinya akan memberikan layanan kesehatan gratis, terutama bagi pemegang Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan skema Penerima Bantuan Iuran (PBI).



"Pembayaran Iuran itu kita yang mendorong, kemudian masyarakat itulah yang akan menjadi segmen layanan dimaksud, dengan pendekatan nirlaba atau gratis," ungkapnya.

Sebagai langkah tindaklanjut, Pimpinan BAZNAS RI dijadwalkan akan datang ke Kabupaten Garut dalam waktu dekat untuk menghadiri peresmian Kantor BAZNAS Kabupaten Garut. Pembicaraan lanjutan terkait rencana kerja sama juga akan dilakukan dalam kesempatan tersebut.

"Sehingga insya Allah mungkin tanggal 28 nanti, akan terjadi pembicaraan lanjutan terkait rencana dimaksud," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT