• Bahasa

Pemkab Garut Dukung Program Closed Loop Pertanian Cabai

7 Oct 2020 Hanapi 1942

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan penandatanganan nota kesepahaman pengembangan pilot project kemitraan closed loop cabai di Kabupaten Garut, Rabu (07/10/2020).

Acara penandatangan ini diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian, KADIN dan IPB dengan melibatkan Kementerian Pertanian, Pemerintah Kabupaten Garut, UNPAD, PT. Pupuk Kujang, PT KAI, PT PASKOMNAS, PT 8Villages, PT Ewindo, PT. Indofood, dan PT Mercy Corp Indonesia.

Closed Loop merupakan sistem yang mensinergikan rantai nilai pertanian, mulai dari hulu sampai dengan hilir untuk menciptakan efisiensi yang berdaya saing dan berkeadilan. Dalam pola kemitraan closed loop, petani bukan saja akan terhubung dengan perusahaan, bank, dan koperasi, tetapi juga dengan industri dan retail.



Demplot Closed Loop diimplementasikan di Kawasan Agrowisata Eptilu seluas 3 Hektar yang tersebar di Kecamatan Cigedug. Rudy Gunawan selaku Bupati Garut menyampaikan dukungannya dalam program closed loop pertanian cabai terintegrasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia khususnya Kabupaten Garut.  

“Saya siap menerima program-program di Kabupaten Garut demi kepentingan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani yang akan menopang laju perekonomian,” Ujar Rudy Gunawan dalam sambutannya.

Skema pertanian Sistem Closed Loop membuat bibit cabai unggul akan disediakan langsung oleh PT Ewindo, dan ketersediaan pupuk akan dipenuhi dari PT. Pupuk Kujang sesuai unsur hara yang dibutuhkan lahan. Hasil panen petani nantinya akan langsung diambil oleh offtaker dengan perjanjian kerja sama dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT Pasar Komoditi Nasional.



Transportasi hasil pertanian ke konsumen atau pasar nantinya akan difasilitasi menggunakan moda transportasi Kereta Api (KAI). Stasiun KA Garut akan dioperasikan kembali untuk mengangkut penumpang dan produk komoditi pertanian.

Selain kegiatan penandatanganan nota, relaksasi penerima "KUR SUPER MIKRO Bank Rakyat Indonesia" senilai 10 juta rupiah per petani disalurkan kepada tujuh petani usaha pertanian hortikultura di EPTILU.

Kemenko Perekonomian dan Pemkab Garut berharap implementasi model closed loop cabai di Kabupaten Garut dapat sukses dan menjadi salah satu referensi dalam pengembangan bisnis hortikultura cabai di Indonesia.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT