• Bahasa

Pemkab Garut Sambut Baik Penanaman Pohon Serentak Dalam Rangka Hari Bakti Rimbawan Ke-41

7 Mar 2024 Hanapi 171

GARUT, Pasirwangi - Pemerintah Kabupaten Garut menyambut baik pelaksanaan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-41. Acara ini dilaksanakan di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, pada Kamis (7/3/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda dari Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

"Acara ini diagendakan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan barusan kami sudah melakukan penanaman ya, atas apa yang menjadi agenda di Hari Lingkungan Hidup ini," ucapnya.



Sementara Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, menyatakan bahwa meskipun pelaksanaan penanaman sempat mundur selama 2 bulan, pihaknya kini tengah mengejar penanaman pohon secara berkelanjutan, terutama menggunakan metode seed ball mengingat jumlah bibit pohon yang terbatas. Meski demikian perkiraan musim hujan yang mungkin tinggal satu setengah bulan ini, Maret dan April ini juga, pihaknya terus melakukan upaya penanaman.

"Ini kita berusaha mengejar penanaman di hari-hari ini dengan upaya penanaman dengan bibit-bibit yang lebih tinggi," ucapnya.


 
Pelaksanaan penanaman serentak kali ini dilaksanakan pada lahan seluas 2 hektar di Desa Karyamekar dengan jumlah pohon yang ditanam mencapai 200 batang pohon alpukat. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Irawan Asaad, menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya seremonial, tetapi juga merupakan langkah nyata untuk mempercepat rehabilitasi lahan serta pemulihan kualitas lingkungan hidup, serta pemberdayaan masyarakat lokal.

"Ini adalah kegiatan berkesinambungan, dan selanjutnya kegiatan ini akan kami laporkan kepada Kementerian LHK pada kesempatan pertama," ucap Irawan.



Irawan menerangkan, bahwa penanaman pohon serentak pada hari ini merupakan salah satu langkah nyata untuk mempercepat rehabilitasi lahan serta pemilihan kualitas lingkungan hidup.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT