• Bahasa

Pemkab Garut Siap Laksanakan Pilkades Serentak 2019

23 Oct 2019 Hanapi 1905

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai menyiapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada 5 November 2019 mendatang. Pilkades ini akan diikuti oleh 125 desa yang tersebar di 41 Kecamatan Se-Kabupaten Garut.

Sedangkan dari segi anggaran pada Pilkades serentak tersebut, Pemkab Garut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,03 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Garut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, H. Aji Sukarmaji, M.Si, saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2019).

Lebih lanjut Aji mengatakan. saat ini pihaknya sudah membahas berbagai persiapan jelang pelaksanaan pilkades serentak 2019. Besaran dana yang dibutuhkan oleh masing-masing desa secara rinci adalah salah satu hal tahap pembahasan anggaran, termasuk dalam hal pengamanan.



“Kalau berkaca dari pengalaman pilkades sebelumnya, kebutuhan pagelaran pilkades di Garut tidak seragam. Pilkades pada awal November 2019 ini merupakan gelombang yang ketiga sejak diberlakukannya UU Desa. Gelombang pertama digelar pada Tahun 2015 dan gelombang kedua dilaksanakan pada Tahun 2017,” katanya.

Menurut Aji, penetapan Pilkades serentak ini digelar mengacu pada habisnya masa jabatan kepala desa sebelumnya. Kalau pun sudah habis, maka untuk mengisi kekosongan jabatan diisi dengan plt kepala desa, sambil menunggu pelaksanaan Pilkades 5 November 2019 digelar.

“Kalau bursa masing-masing calon desa tentunya sudah bermunculan di desanya masing-masing. Kalau misal ada satu calon Kades, maka diupayakan harus dua, kalau lebih dari lima maka dilaksanakan seleksi dan itu sudah kami lakukan,” pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT