• Bahasa

Pemkab Garut Umumkan Jadwal Dan Kuota Seleksi CASN Tahun 2023

29 Aug 2023 Hanapi 592

GARUT, Tarogong Kidul - Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2023. Dalam pengumuman tersebut, pendaftaran seleksi CASN dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyampaikan informasi terkait alokasi formasi untuk CASN Tahun 2023. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menetapkan total 1.926 formasi yang tersedia, dengan dua kualifikasi fungsional, yakni tenaga pendidik dan tenaga kesehatan (nakes).

"Tenaga pendidik kisaran 1.300-an dan selebihnya adalah nakes, ini yang akan kita rekruitmen di tahun 2023 ini," ujar Nurdin dalam keterangannya seusai memimpin Apel Gabungan di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (28/08/2023).

Nurdin mengungkapkan bahwa rekrutmen tahun ini akan memberikan keberpihakan kepada honorer yang telah lama mengabdi di lingkungan Pemkab Garut. Bagi mereka yang memiliki pengabdian panjang, pemerintah memberikan afirmasi dengan persentase 15%, 25%, atau 30% sesuai dengan usia pengabdiannya, dan tidak harus memulai dari nol.

"Artinya ini keberpihakan pemerintah kepada yang bersangkutan karena usia pengabdian mereka, yang kedua karena usia kritis mereka, mereka kan usia-usianya udah banyak lanjut (usianya)," ucapnya.

Meskipun demikian, Nurdin juga mengingatkan kepada para calon honorer yang akan mengikuti seleksi CASN 2023 pentingnya persiapan yang matang agar dapat mencapai passing grade yang ditetapkan oleh penyelenggara seleksi atau BKN.

Meskipun afirmasi memberikan bantuan, namun usaha untuk mencapai passing grade tetaplah kunci utama.

"Bukan berarti warga lain tidak boleh, tetapi konteksnya adalah kita justru memberikan ruang kepada teman-teman kita yang jauh mengabdi sudah lama lah di Kabupaten Garut ini," tandasnya.

Seleksi CASN Tahun 2023 diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan peluang yang adil bagi semua calon aparatur sipil negara, sambil tetap menghormati pengabdian panjang para honorer yang telah setia melayani masyarakat Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT