• Bahasa

Perjuangan Inspiratif Desa Cinta Di Garut, Raih Juara III Lomba Desa Tingkat Regional 2 Jawa Bali

16 Aug 2023 Hanapi 399

JAKARTA - Desa Cinta, sebuah desa yang terletak di Kabupaten Garut, meraih prestasi gemilang dengan berhasil meraih Juara 3 dalam Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Regional 2 Jawa Bali Tahun 2023.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari perjalanan panjang melalui berbagai tahapan seleksi, yang awalnya mengantarkan mereka menjadi Juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan di Provinsi Jawa Barat.

Puncak dari prestasi ini berlangsung dalam acara Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023, di Hotel Discovery Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Kecamatan Padermangan, Jakarta Utara, pada Selasa (15/8/2023). Pada acara tersebut, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, secara langsung memberikan penghargaan kepada Desa Cinta.



Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, hadir dalam acara tersebut dan menerima trofi penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Eko Prasetyanto, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Wawan Nurdin.

Keberhasilan Desa Cinta didorong oleh inovasi unggulannya, yaitu social enterprise, yang menginspirasi semangat gotong royong masyarakat lokal. Inovasi ini telah menghasilkan pencapaian yang signifikan, dan semangat gotong royong tersebut menjadi landasan kuat bagi Desa Cinta untuk meraih Juara 3 Lomdeskel Wilayah Regional 2 Jawa dan Bali.

Sementara itu, Juara 1 diraih oleh Desa Tegal Arum, Kota Denpasar, Provinsi Bali, dan Juara 2 diraih oleh Kelurahan Logandeng, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.



Kepala Desa Cinta, Gaos Hamdani, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing Desa Cinta. Baginya, pencapaian Juara 3 ini menjadi capaian tertinggi, dan ia menilai bahwa pengalaman ini membawa kebahagiaan luar biasa bagi warga Desa Cinta serta para pemimpin daerah dan pihak terkait lainnya.

"Meskipun juara 3, bisa Sidang Paripurna bersama (Presiden) RI-1, DPR RI, plus para menteri. Terus bisa upacara di istana, ini semua kado istimewa buat warga Desa Cinta, Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, Pak Kadis DPMD, serta Pak Gubernur, Wakil Gubernur, Kepala Dinas DPMD Jawa Barat dan jajarannya," ucapnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT