• Bahasa

Reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut Selesai Akhir Tahun Ini

25 Oct 2019 Hanapi 2181

Reaktivasi jalur kereta api dari Cibatu sampai Garut yang dikerjakan oleh PT Kereta Api Properti Manajemen (KAPM) anak usaha PT KAI (Persero) bisa selesai pada akhir tahun ini dan mulai beroperasi pada awal 2020 mendatang.

"Total progres pekerjaan pembangunan rel, stasiun, dan sejumlah fasilitas lainnya hingga Kamis (24/10/2019) sudah mencapai 42,870 persen," kata Manajer Humas PT KAPM, Hasbi, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskan Hasbi, saat ini KAPM mulai mengerjakan pembangunan dari Wanaraja hingga Garut. Salah satunya adalah revitalisasi stasiun dan pembangunan masjid di Stasiun Garut serta Stasiun Cibatu.

"Pekerjaan saat ini salah satunya revitalisasi gedung dan masjid Stasiun Garut, dan kami sudah sosialisasikan kepada masyarakat sekitar soal pekerjaan ini," ujarnya.

Menurut Hasbi, selain membangun masjid dan revitalisasi Stasiun Garut, PT KAPM juga akan membangun stasiun baru yang lokasinya berada di samping gedung stasiun lama. Selain itu, lanjutnya, fasilitas umum lainnya juga akan mendapat sentuhan perbaikan.

Ia menyebutkan, saat ini revitalisasi gedung stasiun dan pembangunan masjid memasuki tahap pemagaran. Selain di Stasiun Garut, ungkapnya, pekerjaan serupa juga dilakukan di Stasiun Cibatu.

"Sama di Cibatu juga ada masjid. Pekerjaan bangunan masjid sudah masuk tahap pondasi dan dinding penahan tanah (DPT)," ucapnya.

Hasbi pun berharap, semua pekerjaan tersebut bisa selesai pada tahun depan, sehingga masyarakat Garut dan sekitarnya bisa langsung merasakan manfaatnya. Pihaknya juga menggandeng masyarakat sekitar untuk terlibat sebagai pekerja sesuai dengan keahlian.

Lebih lanjut Hasbi menambahkan, dari panjang 19,2 kilometer, jalur rel telah terpasang 47,961 persen atau sembilan kilometer lebih. Selain itu, pekerjaan jembatan besar pun sudah mencapai 36,241 persen dan jembatan besar 51,703 persen.

"Sedangkan untuk pekerjaan bangunan stasiun baru mencapai 36,378 persen," pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT