• Bahasa

Rudy Gunawan Resmi Lantik Pengurus HKTI Kabupaten Garut

18 Mar 2021 Hanapi 689

GARUT, Garut Kota - Setelah mengalami kekosongan selama hampir satu tahun, Pengurus Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Garut kini telah resmi dilantik oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan. Pelantikan ini dilaksanakan di Ruang Pamengkang Garut, Rabu (17/3/2021).

Bupati Garut yang juga ketua HKTI Jawa Barat, mengatakan, setelah satu tahun kepegurusan HKTI Kabupaten Garut sempat vacum, maka hari ini setelah ada pembentukkan pengurus baru HKTI Garut dilantik.

"Di Garut ini kemarin sudah (sempat) vacum dan kita hidupkan kembali. Kebetulan Pak Widi (Widyana, mantan Kepela Bappeda Garut) bersedia menjadi volunteer, menjadi relawan di HKTI," kata Bupati Garut.



Bupati Garut mengatakan, HKTI ini bukan organisasi politik, ini merupakan lembaga yang tidak afiliasi dengan siapapun.

"HKTI ini bukan organisasi politik, sekali lagi ini adalah organisasi profesi yang tidak berafiliasi kepada siapapun. Kita independen dan kita khusus yang berhubungan dengan masalah yang ada hubungannya dengan advokasi," tegas Rudy.



Disampaikan Rudy, program HKTI saat ini adalah bagaimana penguatan-penguatan daya tawar dari institusi pertanian, mulai dari petani sampai budidayanya.

"Programnya kita sekarang ini menuju kepada penguatan-penguatan daya tawar dari institusi  ke pertanian. Dari petaninya sampai kepada budidayanya. Nah kita lakukanlah _business to business_," ungkapnya.



Rudy menambahkan saat ini petani kita lebih pintar, mereka sudah mulai melakukan bisnis yang langsung secara online.

"Sekarang kan bisnis sudah tidak tradisional, sudah online, daring, _start up_ lah. Petani-petani kita sudah jauh lebih pintar lah, Kemungkinan nanti kita membuat _chaneling_ untuk daya tambah membuat _channeling_ untuk ekspor," ungkap Rudy.



Sementara itu ketua terpilih, Widiyana, menyatakan, program pertama yang akan dilakukan HKTI Garut akan diselaraskan dengan visi misi HKTI, di mana keberadaan lembaga ini merupakan organisasi yang membela kesejahteraan petani.

"Konsolidasi dan kita akan berkunjung, bersosialisasi memperkenalkan diri kepada pemerintah daerah dari SKPD terkait. Kemudian juga dengan komunitas-komunitas lain terutama para petani," kata Widiyana.



Widiyana menuturkan HKTI akan mempersiapkan kegiatan hari jadi HKTI yang akan dilaksanakan melalui metode daring (dalam jaringan).

Tak hanya itu, Widiyana mengatakan pihaknya telah berhasil menarik 2 petani profesional dan diharapkan bisa mengembangkan potensinya di Kabupaten Garut. "Kami sekarang berhasil menarik 2 profesional petani. Pertama petani milenial itu Pak Rizal Fahreza. Kedua itu petani kelahiran Cibiuk tapi dia berhasil mengembangkan Jawa Timur," ujar Widiyana.



Berikut ini, Susunan Kepengurusan DPC HKTI Kabupaten Garut Periode 2020–2025:  


Penasehat :

Ir. Beni Yoga Gunasantika, MP.
Ir. Sopyan Yani, MP.
Ir. Dadang Mohammad
Rizal Fahreza, SP.

DEWAN PIMPINAN CABANG HKTI KABUPATEN GARUT PERIODE 2020 – 2025

 
Ketua  : Ir. H. Widiyana, CES.
Wakil Ketua Bidang Organisasi, Informasi, dan Komunikasi  : H. Jayadi Supriadin, S.Pt.
Wakil Ketua Bidang Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Kehutanan : Ir. Eddy Muharam M.Si.
Wakil Ketua Bidang Peternakan, Perikanan dan kelautan : Ir. H. Rinandi Ria, M. Si.
Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha dan Inovasi :  Ir. Illa Susanti, M.Pd
Wakil Ketua Bidang Ketahanan Pangan :  Ir. H. Yudi Hermawan, M.Si   
Wakil Ketua Bidang Advokasi Hukum dan HAM  : Drs. Asep Permana, M.Si.
Wakil Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan : H. Kusmana, SP.
Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Pelestarian Alam : Ena Sutisna S.Ag.
Sekretaris Ir. Engkus Sujaman, SE.
Bendahara Rakhmat Jatnika, SP., MP.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT