• Bahasa

Sekda Garut : Masyarakat Talegong Sambut Baik Pelaksanaan MTQ XLIV Tingkat Kabupaten Garut Di Daerahnya

3 Jul 2023 Hanapi 432

GARUT, Talegong - Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, menyampaikan bahwa masyarakat di Kecamatan Talegong sebagai tuan rumah sangat antusias dan menyambut baik pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XLIV tingkat Kabupaten Garut Tahun 2023.

Hal ini diungkapkannya dalam program  acara  Mapay Lembur pada talkshow MTQ XLIV Kabupaten Garut di Radio RASI FM, yang dipandu oleh pengelola Radio Komunitas RASI FM, Latif Rochyana, Minggu (2/7/2023).

Nurdin mengatakan, Kecamatan Talegong sendiri sebelumnya belum pernah melaksanakan kegiatan MTQ tingkat kabupaten. Maka dari itu, imbuh Nurdin, melalui pelaksanaan MTQ di Kecamatan Talegong setidaknya membangkitkan antusiasme masyarakat khususnya para tokoh masyarakat di Kecamatan Talegong.

"Ketika pelaksanaan ini kami (beritahukan), coba di selatan deh, nah alhamdulilah masyarakat Talegong, para tokoh sesepuhnya itu antusias," ucapnya.



Tak hanya itu, Sekda Garut berharap, adanya pelaksanaan MTQ di Kecamatan Talegong ini dapat menjadi pengungkit bagi perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Talegong.

"Sehingga disini lah saya kira poin yang khusus untuk kepentingan masyarakat saya kira dari sisi aspek pragmatisme yang ada di lapangan," lanjutnya.

Terkait fasilitas bagi para peserta, Nurdin menyampaikan, bahwa memang terdapat kekurangan. Meskipun begitu, lanjut Nurdin, pemerintah daerah tetap melakukan upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi para peserta, terutama dalam hal tempat tinggal, fasilitas air bersih, dan beberapa faktor lainnya.

"Artinya kita konsentrasikan lah di beberapa titik yang sekiranya memberikan rasa nyaman juga bagi peserta ataupun kafilah di masing-masing daerah," ungkapnya.



Sekda Garut mengatakan, pihaknya melalui bagian kesejahteraan rakyat (kesra) telah melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama dengan aparat pemerintah setempat untuk mempersiapkan tempat yang akan digunakan dalam pelaksanaan MTQ XLIV tingkat Kabupaten Garut, di mana pihaknya menyiapkan 10 titik atau tempat dalam kegiatan tersebut. Ia memaparkan, bahwa dirinya sudah mengkalkulasi kedatangan pengunjung tidak akan kurang dari 5000 pengunjung pada pelaksanaan MTQ nanti.

"Peserta aja kafilah yang bertanding itu hampir di 844, dari 10 cabang itu, 23 golongan. Itu belum katakanlah penggembira yang hadir, jadi total itu saya mengantisipasi mengkalkulasi tidak kurang dari 5000 yang hadir kesini," ucapnya.

Sekda Garut berharap, kegiatan MTQ di Kecamatan Talegong ini dapat berlangsung dengan lancar sehingga dapat menghasilkan para juara yang dapat mengharumkan Kabupaten Garut.

Disisi lain, Sekda Garut juga berterimakasih kepada RASI FM yang tidak pernah bosan membantu Pemerintah Kabupaten Garut dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, terutama dalam pelaksanaan MTQ di Kecamatan Talegong, di mana RASI FM sendiri selalu menyampaikan perkembangan yang terjadi dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Pengelola Radio Komunitas RASI FM, Latif Rochyana, menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan MTQ di Kecamatan Talegong, RASI FM secara terus menerus memberikan informasi kepada masyarakat khususnya mengenai seluruh tahapan kegiatan selama MTQ, dan saat ini RASI FM menjadi media komunitas terdepan dalam menyampaikan informasi kegiatan MTQ.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT