• Bahasa

Sekda Garut : Perencanaan APBDes Akan Mempengaruhi Kualitas APBDes

27 Oct 2022 Hanapi 629

GARUT, Tarogong Kaler - Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, membuka resmi acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peran Camat dalam Evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Kamis (27/10/2022).

Saat diwawancara seusai acara, Sekda Garut menilai jika Bimtek yang diikuti camat se-Kabupaten Garut ini penting untuk digelar, karena menurutnya APBDes merupakan cikal bakal pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan di desa.

"Acara ini penting sekali ya karena terkait APBDes itu kan adalah merupakan perencanaan baik yang berbasis anggaran yang memang merupakan cikal bakal pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan di desa," ujar Sekda Garut.



Saat ini, imbuh Nurdin, masyarakat kini bisa melihat APBDes sebuah desa sebagai bentuk dari keterbukaan informasi publik. Sehingga, perencanaan APBDes harus diperhatikan karena akan mempengaruhi terhadap kualitas APBDes tersebut.

"Oleh sebab itu hari ini kita adakan Bimtek (terkait) evaluasi APBDes sehingga mudah-mudahan acara seperti ini (menghasilkan) ada satu kesamaan persepsi (dan) kesamaan ilmu terkait bagaimana penetapan APBDes," ucapnya.



Sementara itu, salah satu narasumber juga perwakilan dari Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat, Mochammad Imam Yunizhar,  menuturkan pihaknya dalam kesempatan ini membahas terkait teknis pengelolaan keuangan desa.

Ia berharap paparan materi yang dirinya sampaikan bisa menjadi modal atau bekal untuk para camat sampaikan kembali kepada para kepala desa, agar tidak terjadi kesalahan, kealfaan, dan kekurang akuratan dalam pengelolaan anggaran desa.



"Mudah-mudahan dengan adanya materi yang kami sampaikan kepada para camat ini mudah-mudahan para camat ini mampu membina, mengawasi, dan juga mampu mengarahkan para kepala desa dalam pengelolaan keuangan yang ada di desa yang bersangkutan," harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Samarang juga salah satu peserta Bimtek, Neneng Martiana, mengatakan dirinya merasa senang bisa mengikuti kegiatan ini, karena menurutnya Bimtek ini sangat membantu tingkat pemahaman camat terkait dengan bagaimana fungsi-fungsi kecamatan dalam pengawasan pengelolaan keuangan yang ada di desa.



Ke depan, lanjut Neneng, pihaknya akan melakukan sosialisasi hasil Bimtek kali ini kepada para kepala desa yang ada di Kecamatan Samarang.

"(harapan) saya kira pengelolaan keuangan ini adalah hal yang pokok dan ini harus sangat diperhatikan supaya penyelenggaraan pemerintahan di desa bisa lebih efektif, lebih bermanfaat untuk masyarakat, dan pada akhirnya kita semua akan selamat dari hal-hal yang terkait dengan hukum," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT