• Bahasa

Sekda Garut Serahkan Bantuan Untuk Penyintas Banjir di Pameungpeuk

1 Nov 2021 Hanapi 606

GARUT, Pameungpeuk – Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Minggu (31/10/2021).

Dalam kunjungannya, Sekda Garut menyerahkan bantuan Pemkab Garut untuk penyintas banjir pasca meluapnya Sungai Cipalebuh, khususnya bagi warga Kampung Leuwisimar dan Leuwiapu, Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk. Bantuan yang diberikan berupa beras, selimut, perlengkapan mandi, mie instan, dan air mineral.



Meluapnya Sungai Cipeluh diduga diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang terjadi pada hari Rabu, 27 Oktober 2021. Namun, selain curah hujan yang tinggi, luapan sungai juga diakibatkan adanya gunung gundul, khususnya Gunung Kasur.

Nurdin mengungkapkan meluapnya Sungai Cipeluh ini mengakibatkan runtuhnya Tembok Penahan Tanah (TPT), tergusurnya sebuah bangunan yang berada dipinggir sungai, dan 21 rumah terendam setinggi 70 centimeter (cm) selama 2 jam, sehingga menyebabkan beberapa sebagian perabotan rumah tangga mengalami kerusakan.



Ia menerangkan, ada beberapa upaya yang harus dilakukan diantaranya reboisasi di wilayah sungai, normalisasi sungai dengan cara melakukan pengerukan sedimen sungai, dan mempertinggi TPT Sungai Cipalepuh sepanjang 250 meter yang ada di wilayah Leuwisemar.

Camat Pameungpeuk, Tatang Suryana, Rabu (27/10/2021) melaporkan, selain dia kampung itu, di Kp. Kaum Lebak Desa Pameungpeuk, sejumlah rumah dan jalan terendam air dan lumpur. Namun berkat gotong-royong masyarakat dan aparat setempat, lumpur dan puing puing berhasil dibersihkan.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT