• Bahasa

Sekda Garut Singgung IPM Pada Apel Pagi Di Lingkup Dinas Pendidikan

12 Feb 2024 Hanapi 197

GARUT, Tarogong Kidul - Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, memimpin apel pagi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, yang berlokasi di Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (12/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Garut menyampaikan beberapa hal penting terkait pembangunan di Kabupaten Garut. Salah satu poin yang disoroti adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Garut.



Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat,  bahwa IPM Kabupaten Garut tahun 2023 sebesar 68,11 Poin yaitu meningkat 0,7 Point dari tahun 2022 yang sebelumnya sebesar 67,41 Point. Sementara untuk Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Tahun 2023 sebesar 7,84 tahun dan Harapan Lama Sekolah sebesar 12,16 tahun.

"Nah indeks pendidikan berapa? Indeks pendidikan kita ada di 59,85 artinya hampir di angka 60 secara agregat itu bapak ibu sekalian," ucapnya. Hal ini menjadi tantangan bagi para insan pendidikan untuk meningkatkan angka Indeks Pendidikan.



Menanggapi hal ini, Nurdin mengapresiasi capaian Angka Partisipasi Murni (APM) di tingkat SD yang mencapai 97,18, serta APM di tingkat SMP yang mencapai 83,28. Hal ini menandakan bahwa Garut berada di atas rata-rata provinsi dalam hal pendidikan.

"Lebih tinggi daripada APM tingkat provinsi, artinya alhamdulilah Garut sudah di atas rata-rata provinsi," lanjutnya.



Sekda Nurdin Yana juga menyoroti peran penting para pegawai Dinas Pendidikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan peran sebagai sumber amal ibadah melalui pelayanan di bidang pendidikan. Dia juga menekankan bahwa pelayanan di bidang pendidikan bersifat multilevel marketing, yang memberikan dukungan kepada guru dalam mengajar siswanya. Dalam mendidik generasi yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain, berimbas kepada yang terlibat akan mendapatkan pahala.

"Maka berbahagialah, bapak dan ibu mendapat pahala dari anak yang bapak ibu didik dan tak mengurangi pahala yang dilakukan," katanya.



Nurdin menekankan pentingnya peran semua pihak dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Garut.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT