• Bahasa

Selewengkan Raskin, Polres Garut Tangkap Sopir dan Kernet Bulog

14 Jan 2018 Admin 1864

Aparat Polres Garut berhasil mengungkap penggelapan beras bagi warga miskin (raskin) yang dilakukan sopir beserta kernet truk pengangkut raskin. Kepolisian Resor Garut kini mengamankan satu unit truk raskin berikut beras yang akan didistribusikan ke Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut.

 

Dalam Press Release Jumat (12/01), Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Garut mengatakan, penggelapan raskin ini diketahui ketika beras seharusnya dikirim ke desa yang ada di Kecamatan Cisompet, namun malah di distribusikan ke gudang milik perseorangan yang ada di Kecamatan Kadungora. Kapolres Garut juga mengatakan sopir dan kernetnya sudah diamankan. Adapun modusnya kata Budi, raskin yang baru diambil dari gudang di Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul diangkut menggunakan truk yang biasa mendistribusikan ke kecamatan.

 

“Raskin untuk Desa Margamulya Kecamatan Cisompet sebanyak 5.175 Kilogram diangkut oleh sopir dan kernet berinisial FR dan TS. Namun beras tersebut malah dibawa ke gudang milik TA warga Kampung Ketot RT01/10 Desa Cisaat, Kecamatan Kadungora. Dengan kejadian ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Margamulya Kecamatan Cisompet tidak menerima haknya dan mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 31.153.500,-.  Kita juga sedang memburu penadah raskin lainnya,” beber Kapolres Garut.

 

AKBP Budi Satria Wiguna melanjutkan, saat ini pihaknya sudah memanggil Kepala Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Garut, dan masih melakukan penyelidikan apakah ada keterlibatan dari pihak-pihak desa tertentu atau pihak lainnya. Kapolres, mengakui rawannya penyimpangan beras bulog di lapangan termasuk beras keperluan operasi pasar maupun beras miskin (raskin).

 

Sementara, Kabid Humas dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat, SH., M.Si, menyampaikan bahwa kasus penggelapan raskin tersebut sepenuhnya sudah ditangani pihak Kepolisian Resor Garut.

 

(Igie),hariangarut-news.com

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT