• Bahasa

TMMD ke-114 Usai, Jalan Sepanjang 3.2 km Hingga Poskamling Rampung Dibangun

24 Aug 2022 Hanapi 208

GARUT, Limbangan - Selama hampir kurang lebih satu bulan dilaksanakan, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun Anggaran (TA) 2022 bertema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI", Rabu (24/8/2022), secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi (Kasdam III/Siliwangi), Brigjen TNI Widjanarko,

Upacara penutupan berlangsung khidmat, di Lapangan Kampung Majah Beureum, Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut dan dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman.



Wabup Garut menyampaikan rasa terima kasihnya terutama kepada TNI dan unsur lain atas terlaksananya TMMD ini, karena menurutnya kegiatan ini sangat membantu masyarakat.

"Jadi dari situ Alhamdulillah ada pembangunan yang sifatnya fisik dan non fisik, yang fisik ini sebagaimana tadi disampaikan oleh Bapak Kasdam bahwa (ada pembukaan jalan sepanjang) 3,2 kilometer, yang non fisiknya justru ini jauh lebih bermanfaat ya, Alhamdulillah karena ini ada pembinaan bela negara, pembinaan kesehatan, pendidikan, sampai kepada ekonomi ya Bhabinkamtibmas ya," ujar Wabup Garut kepada para wartawan.



Ia menilai pembangunan non fisik ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia terutama bagi masyarakat yang ada di daerah.

Wabup Garut mengungkapkan, setidaknya ada 4 desa yang menjadi penerima manfaat secara langsung dengan adanya program TMMD ke-114 ini, dan warga sangat bersyukur sekali, karena kini jalan yang menghubungkan 4 desa tadi bisa rampung dibangun. Dengan pembukaan jalan ini, imbuh dr. Helmi, menjadi salah satu cara tersendiri untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar.



"Jadi lalu lintas barang, lalu lintas uang, lalu lintas orang, (berdampak) kepada pertumbuhan ekonomi, kemudian pendidikan juga bersekolah dan sebagainya, berobat, kemudian dalam pembinaan juga kadang-kadang kita jauh ya misalkan kader mau ke desa itu kan sebelumnya jauh sangat jauh, artinya memerlukan waktu yang cukup panjang, (namun) sekarang dengan adanya jalan baru itu betul-betul sangat terbantu," ujarnya.

Senada dengan Wabup Garut, Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Widjanarko, menuturkan pembukaan jalan yang dilaksanakan melalui program TMMD ini dilakukan agar perekonomian desa bisa maju serta memberikan keamanan bagi mobilitas warga sekitar.



"Prioritas kali ini pembukaan jalan, pembuatan jalan kurang lebih 3,2 kilometer, nah itukan sebagai sarana utama untuk masyarakat pergi kemana-mana, apabila jalannya enak kan berarti masyarakat juga desa itu akan terbuka, dan perekonomiannya akan tambah maju, jelas masyarakatnya kemana saja mudah itu prioritasnya," tutur Kasdam III/Siliwangi.

Ia mengungkapkan ada sekitar 150 personil TNI Angkatan Darat yang terlibat dalam TMMD ini, ditambah personil lain dari angkatan udara hingga dari kepolisian.



"Tidak ada kendala ya Pak Dandim ya, lancar sesuai waktu yang ditentukan semuanya terlaksana 100% kegiatannya," tandasnya.

Adapun beberapa pembangunan fisik yang berhasil dirampungkan melalui program TMMD ke-114 ini yaitu pembangunan jalan sepanjang 3.4 kilometer, Posyandu, dan Poskamling.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT