• Bahasa

Update Perkembangan Kasus COVID-19 di Kabupaten Garut, Rabu 19 Agustus 2020

19 Aug 2020 Hanapi 1174

Hari ini ada penambahan Tiga pasien kasus konfirmasi positif dan Tujuh pasien Sembuh dari COVID-19 di kabupaten Garut, demikian dikatakan Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita, S.E, M.Si, Rabu 19 Agustus 2020, pukul 17.00 WIB.

Yeni Yunita yang juga Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo kabupaten Garut mengatakan, pada hari ini, terdapat penambahan laporan kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 3 orang pasien, yaitu  seorang laki-laki (KC-69) usia 31 tahun asal Kecamatan Cigedug, seorang perempuan (KC-70) usia 49 tahun asal Kecamatan Bayongbong (domisili Kecamatan Tarogong Kidul) dan seorang perempuan (KC-71) usia 17 tahun asal Kecamatan Bayongbong (domisili Kecamatan Tarogong Kidul).

“Untuk proses selanjutnya pasien semuanya telah mendapatkan penanganan medis di RSUD dr. Slamet. Menindaklanjuti hasil temuan, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Garut melakukan respon cepat untuk tracing dan tracking, dan tentunya, sebelum kegiatan tersebut dilakukan surveilans terhadap kontak erat risiko tinggi,” ujar Yeni.

Selanjutnya, kata Yeni, Syukur Alhamdulillah pada hari ini ada penambahan 6 orang pasien kasus konfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan Sembuh oleh tim dokter di BPSDM Cimahi, yaitu seorang laki-laki (KC-39) usia 47 tahun asal Kecamatan Tarogong Kaler, seorang laki-laki (KC-44) usia 25 tahun asal Kecamatan Tarogong Kidul, seorang perempuan (KC-47) usia 22 tahun asal Kecamatan Sukawening, seorang perempuan (KC-49) usia 35 tahun asal Kecamatan Kersamanah, seorang perempuan (KC-50) usia 25 tahun asal Kecamatan Kersamanah, seorang perempuan (KC-51) usia 24 tahun asal Kecamatan Pangatikan.

"Sedangkan 1 orang pasien kasus konfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan Sembuh oleh tim dokter di RSUD. dr. Slamet Garut, yaitu seorang laki-laki (KC-53), usia 32 tahun, asal Kecamatan Tarogong Kidul," ungkapnya.

Yeni menambahkan, bahwa Tim sub divisi pencegahan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 telah melakukan kegiatan tracking dan tracing pada kontak erat KC-60 di Kecamatan Cisurupan sebanyak 6 orang dan pada kontak erat KC-58 di Kecamatan Pangatikan sebanyak 2 orang serta pada kontak erat KC-57 dan KC-59 di Kecamatan Tarogong Kaler sebanyak 10 orang, dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab.

"Pada hari ini juga Tim Sub Devisi Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melakukan skrining masif sebanyak 643 orang (sampel), dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel swab," ungkap Yeni.



Yeni menjelaskan, untuk jumlah total kasus COVID-19 (Kontak Erat, Suspek, Probable maupun Konfirmasi positif) di Kabupaten Garut sampai saat ini sebanyak 5.592 kasus, terdiri dari Kasus Kontak Erat sebanyak 2.617 kasus, dengan rincian 233 Kasus isolasi mandiri dan 2.384 Kasus discarded/selesai pemantauan.

Sementara untuk kasus Suspek, kata Yeni, sebanyak 2.904 kasus, dengan rincian 12 Kasus isolasi mandiri, 3 Kasus Isolasi RS/perawatan, 2.854 Kasus discarded/selesai pemantauan dan 35 Kasus meninggal.

"Lalu untuk kasus Probable masih 0 kasus," ucapnya.

Sedangkan untuk kasus Konfirmasi Positif, lanjut Yeni, sebanyak 71 kasus terdiri 2 kasus isolasi mandiri, 21 kasus isolasi RS/perawatan, 45 kasus dinyatakan sembuh, dan 3 kasus meninggal.

Yeni mengatakan, memutuskan rantai penularan merupakan hal yang sangat penting, yakni dilakukan dengan 2 cara, pertama, terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tahu, mau dan mampu melakukan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dengan 3 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Melakukan jaga jarak. Kedua, dengan cara tracking dan tracing serta testing terhadap populasi risiko dan kontak erat kasus konfirmasi positif COVID-19.

Yeni juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kondisi di tengah pandemi COVID-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan juga senantiasa menjaga serta meningkatkan stamina dan imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin dan teratur disertai asupan gizi yang seimbang.

"Salah satu kunci utama kesuksesan dalam menekan penyebaran COVID-19 adalah kesadaran masyarakat. Oleh karena itu, Kami mengajak seluruh masyarakat Garut agar senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan COVID-19, serta menjaga kondisi kesehatan," pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT