• Bahasa

Update Perkembangan Kasus COVID-19 di Kabupaten Garut, Rabu 26 Agustus 2020

26 Aug 2020 Hanapi 994

Hari ini ada penambahan Satu pasien kasus konfirmasi positif dan Empat pasien Sembuh dari COVID-19 di kabupaten Garut, demikian dikatakan Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita, S.E, M.Si, Rabu 26 Agustus 2020, pukul 18.00 WIB.

Yeni Yunita yang juga Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo kabupaten Garut mengatakan, pada hari ini, terdapat penambahan laporan kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 1 orang pasien, yaitu seorang perempuan (KC-75) usia 1 tahun asal Kecamatan Karangpawitan.

“Untuk proses selanjutnya pasien KC-75 telah mendapatkan penanganan medis di RSUD dr. Slamet.” ujar Yeni.

Selanjutnya, kata Yeni, Syukur Alhamdulillah pada hari ini ada penambahan 4 orang pasien dinyatakan Sembuh oleh tim dokter di RSUD. dr. Slamet Garut, yaitu seorang perempuan (KC-54) usia 44 tahun asal Kecamatan Cilawu, seorang laki-laki (KC-58) usia 52 tahun asal Kecamatan Pangatikan, seorang perempuan (KC-72) usia 30 tahun asal Kecamatan Karangpawitan dan seorang laki-laki (KC-73) usia 36 tahun asal Kecamatan Selaawi.

Yeni menambahkan, terdapat penambahan laporan kasus suspek COVID-19 sebanyak 3 orang yaitu 1 orang asal Kecamatan Tarogong Kidul, dan 2 orang asal Kecamatan Cibalong.



Untuk jumlah total kasus COVID-19 (Kontak Erat, Suspek, Probable maupun Konfirmasi positif) di Kabupaten Garut sampai saat ini sebanyak 5.719 kasus, terdiri dari Kasus Kontak Erat sebanyak 2.730 kasus, dengan rincian 180 Kasus isolasi mandiri dan 2.550 Kasus discarded/selesai pemantauan.

Sementara untuk kasus Suspek, kata Yeni, sebanyak 2.914 kasus, dengan rincian 12 Kasus isolasi mandiri, 0 Kasus Isolasi RS/perawatan, 2.866 Kasus discarded/selesai pemantauan dan 36 Kasus meninggal.

"Lalu untuk kasus Probable masih 0 kasus," ucapnya.

Sedangkan untuk kasus Konfirmasi Positif, lanjut Yeni, sebanyak 75 kasus terdiri 1 kasus isolasi mandiri, 14 kasus isolasi RS/perawatan, 57 kasus dinyatakan sembuh, dan 3 kasus meninggal.

Hari ini Tim Sub Devisi Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melakukan skrining pemeriksaan/pengambilan sampel Swab di beberapa tempat. Adapun jumlah mendapatkan skrining pengambilan sampel Swab sebanyak 346 sampel (orang).

Yeni mengatakan, memutuskan rantai penularan merupakan hal yang sangat penting, yakni dilakukan dengan 2 cara, pertama, terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar tahu, mau dan mampu melakukan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dengan 3 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Melakukan jaga jarak. Kedua, dengan cara tracking dan tracing serta testing terhadap populasi risiko dan kontak erat kasus konfirmasi positif COVID-19.

Yeni juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kondisi di tengah pandemi COVID-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan juga senantiasa menjaga serta meningkatkan stamina dan imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin dan teratur disertai asupan gizi yang seimbang.

"Salah satu kunci utama kesuksesan dalam menekan penyebaran COVID-19 adalah kesadaran masyarakat. Oleh karena itu, Kami mengajak seluruh masyarakat Garut agar senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan COVID-19, serta menjaga kondisi kesehatan," pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT